Vol. 6 No. 1 (2024): EVALUASI KURIKULUM MERDEKA PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 19 PALEMBANG

					View Vol. 6 No. 1 (2024): EVALUASI KURIKULUM MERDEKA PADA  SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 19 PALEMBANG

Pendidikan merupakan pilar penting dalam mengembangkan potensi dan kualitas individu, sekaligus menjadi fondasi bagi kemajuan masyarakat dan suatu bangsa. Dalam pelaksanaan pendidikan, terdapat sejumlah komponen yang saling terkait dan membentuk sebuah sistem yang kompleks. Komponen-komponen ini meliputi tujuan pendidikan, kurikulum, konten materi pembelajaran, metode dan strategi pembelajaran, tenaga pendidik, peserta didik, fasilitas sarana dan prasarana, alat pembelajaran, serta lingkungan belajar. Seluruh komponen ini bekerja secara sinergis dalam membentuk ekosistem pendidikan yang berfungsi sebagai sarana untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, menginternalisasi nilai-nilai, mengasah keterampilan, membentuk karakter, dan membentuk sikap positif. Tujuannya adalah mempersiapkan individu agar mampu beradaptasi di tengah tuntutan kemajuan zaman serta menjadi anggota masyarakat global yang berdaya saing.

Di Indonesia pendidikan memainkan peran sentral dalam mewujudkan cita-cita bangsa sebagaimana yang tertuang dalam alinea ke 4 UUD 1945 “Mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial”.  DalamUndang-undang Sistem Pendidikan Nasional juga menegaskan bahwa pentingnya peran Pendidikan Nasional dalam mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat. Tujuan utamanya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dengan mengembangkan potensi peserta didik menjadi individu yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga yang demokratis dan bertanggung jawab. Melalui Pendidikan, generasi penerus dipersiapkan agar dapat menjadi individu yang berkualitas serta berperan aktif dalam memberikan kontribusi terhadap Pembangunan bangsa.

Dalam menghadapi era perubahan yang cepat dan kompleks, Pendidikan dituntut untuk selalu adaftif. Dengan pesatnya perkembangan teknologi, perubahan dinamika sosial, dan tantangan global yang semakin kompleks, pendidikan harus mampu mempersiapkan generasi muda tidak hanya dengan pengetahuan, tetapi juga dengan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan adaptabilitas. Kurikulum merupakan salah satu kompenen Pendidikan yang sangat fundamental dalam penyelenggaraan Pendidikan nasional. Keberhasilan pendidikan nasional sangat dipengaruhi oleh aspek kurikulum Rusman (2018, hlm.1). Kualitas dan mutu pendidikan sangat erat kaitannya dengan kurikulum karena kurikulum merupakan guidance penyelenggaraan pendidikan untuk mencapai tujuan. Zais (1976, hlm 8) menyebutkan “curriculum as a blueprint for education, consist ultimately of experiences that it planned for learner to have”. Yang dapat diartikan kurikulum sebagai cetak biru pendidikan, memuat berbagai pengalaman yang direncanakan untuk dikuasai peserta didik. Pengembangan kurikulum bersifat dinamis karena kurikulum tidak mungkin berlaku selamanya sebab ada keterbatasan dalam konteks waktu dan tuntutan masyarakat yang selalu berubah Hasan (2008, hlm. 41). perubahan kebijakan kurikulum merupakan langkah penting untuk mengikuti perkembangan zaman dan mengakomodasi kebutuhan pendidikan yang berkembang.

Published: 2025-01-21