LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) STATISTIKA BERBASIS PROBLEM SOLVING

Authors

  • Angel Santri Universitas Tamansiswa Palembang
  • Malalina Malalina Universitas Tamansiswa Palembang
  • Rika Firma Yenni Universitas Tamansiswa Palembang

DOI:

https://doi.org/10.51517/nabla.v9i1.411

Keywords:

LKPD, Statistik, Problem Solving

Abstract

Kajian ini membahas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) materi statistika berbasis Problem Solving. Tujuannya adalah untuk menghasilkan proses dan hasil pengembangan LKPD berbasis Problem Solving pada materi statistika, serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap kemenarikan LKPD yang telah dikembangkan. Penulisan ini dilakukan sebagai titik awal penelitian Research and Development (R & D) atau yang biasa disebut dengan penelitian pengembangan, yang akan dilaksanakan di kelas VIII SMP Bina Tama Palembang. Penelitian pengembangan yang dilakukan menggunakan prosedur penelitian 4-D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Hasil kajian ini akan dikembangkan dalam penelitian berikutnya dan diharapkan dapat direalisasikan pada penelitian-penelitian lain, serta dapat menjadi salah satu sarana bagi pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A. A. & Suhartini. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Statistika Berbasis Pendidikan Politik di Lingkungan Sekolah. Jurnal Gantang, 2(1), 1-9.

Arumningtyas, Dessy P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Aplikasi Powtoon pada Mata Pelajaran Penataan Produk Kelas IX Pemasaran SMK Kusuma Negara Kertosono. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(1), 667-673.

BSNP. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetesi Dasar SMP/Mts. Jakarta: BSNP.

Isnaini, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Metode Problem Solving pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Bumiharji Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi tidak diterbitkan. Metro: Program Sarjana IAIN Metro.

Majid, Abdul. (2009). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Rosdakarya Offset.

Paulk, M. C., & Hyder, E. B. (2007). Common Pitfalls in Statistical Thinking. ASQ Software Quality Professional, 9(3), 12-19.

Pea, J. I., Walidain, S. N., Hermansyah, Fitriyanto, S., & Darmanto. (2021). Media Pembelajaran Fisika Berbasis Tik Tok untuk Membantu Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. JRKTL : Jurnal Riset Kajian Teknologi dan Lingkungan, 4(1), 262-267.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.

Supriadie, D. & Darmawan D. (2013). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syamsu, Fetro D. (2020). Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas X-IPA 11 MAN 2 Model Medan T.P 2018/2019. Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 64-78.

Yusuf, Y. (2017). Konstruksi Penalaran Statistis pada Statistika Penelitian. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 7 (1), 60–69.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Santri, A., Malalina, M., & Firma Yenni, R. (2024). LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) STATISTIKA BERBASIS PROBLEM SOLVING. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 14–20. https://doi.org/10.51517/nabla.v9i1.411