LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) STATISTIKA BERBASIS PROBLEM SOLVING
DOI:
https://doi.org/10.51517/nabla.v9i1.411Keywords:
LKPD, Statistik, Problem SolvingAbstract
Kajian ini membahas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) materi statistika berbasis Problem Solving. Tujuannya adalah untuk menghasilkan proses dan hasil pengembangan LKPD berbasis Problem Solving pada materi statistika, serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap kemenarikan LKPD yang telah dikembangkan. Penulisan ini dilakukan sebagai titik awal penelitian Research and Development (R & D) atau yang biasa disebut dengan penelitian pengembangan, yang akan dilaksanakan di kelas VIII SMP Bina Tama Palembang. Penelitian pengembangan yang dilakukan menggunakan prosedur penelitian 4-D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Hasil kajian ini akan dikembangkan dalam penelitian berikutnya dan diharapkan dapat direalisasikan pada penelitian-penelitian lain, serta dapat menjadi salah satu sarana bagi pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran di sekolah.
Downloads
References
Abdullah, A. A. & Suhartini. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Statistika Berbasis Pendidikan Politik di Lingkungan Sekolah. Jurnal Gantang, 2(1), 1-9.
Arumningtyas, Dessy P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Aplikasi Powtoon pada Mata Pelajaran Penataan Produk Kelas IX Pemasaran SMK Kusuma Negara Kertosono. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(1), 667-673.
BSNP. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetesi Dasar SMP/Mts. Jakarta: BSNP.
Isnaini, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Metode Problem Solving pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Bumiharji Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi tidak diterbitkan. Metro: Program Sarjana IAIN Metro.
Majid, Abdul. (2009). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Rosdakarya Offset.
Paulk, M. C., & Hyder, E. B. (2007). Common Pitfalls in Statistical Thinking. ASQ Software Quality Professional, 9(3), 12-19.
Pea, J. I., Walidain, S. N., Hermansyah, Fitriyanto, S., & Darmanto. (2021). Media Pembelajaran Fisika Berbasis Tik Tok untuk Membantu Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. JRKTL : Jurnal Riset Kajian Teknologi dan Lingkungan, 4(1), 262-267.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.
Supriadie, D. & Darmawan D. (2013). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syamsu, Fetro D. (2020). Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas X-IPA 11 MAN 2 Model Medan T.P 2018/2019. Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 64-78.
Yusuf, Y. (2017). Konstruksi Penalaran Statistis pada Statistika Penelitian. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 7 (1), 60–69.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Most read articles by the same author(s)
- M. Alditya Rivaldi, Malalina Malalina, Rika Firma Yenni, PENGEMBANGAN LKPD MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN DATAR , Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika: Vol. 8 No. 2 (2023): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
- Rahmawati, Malalina Malalina, Rika Firma Yenni, PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK DENGAN PEMBELAJARAN CIRC BERBANTUAN QUIZIZZ , Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika: Vol. 7 No. 2 (2022): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika