PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK DENGAN PEMBELAJARAN CIRC BERBANTUAN QUIZIZZ

Authors

  • Rahmawati Universitas PGRI Palembang
  • Malalina Malalina Universitas Tamansiswa Palembang
  • Rika Firma Yenni Universitas Tamansiswa Palembang

DOI:

https://doi.org/10.51517/nabla.v7i2.160

Keywords:

CIRC, Quizizz, Hasil Belajar, aktivitas, peserta didik

Abstract

Pembelajaran CIRC berbantuan quizizz merupakan model pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas peserta didik dengan pembelajaran Tipe CIRC berbantuan Quizizz materi Sistem Persamaan Linaer Dua Variabel. Metode penelitian  yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VIII MTs. Al-Hilaliyah Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi dan analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan teknik rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian hasil belajar peserta didik pada siklus I yaitu 83.94,  siklus II yaitu  85 dan siklus III yaitu 88. Sedangkan hasil observasi pada siklus I  aktivitas peserta didik  77,5 %  yang mengalami peningkatan, pada siklus II dan III yaitu 88%. Dapat disimpulkan bahwa CIRC dengan berbantuan Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar matematika materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Eviliyanto, & Gultom, T. M. (2017). Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Geografi. PAEDAGOGIA Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 11–23.

Haryadi, T., & Aripin, A. (2015). Melatih Kecerdasan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Anak Sekolah Dasar Melalui Perancangan Game Simulasi “Warungku.” ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 1(02), 122–133. https://doi.org/10.33633/andharupa.v1i02.963

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Husni, L. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di SMA Negeri 2 Muara Beliti. Jurnal Edukasi Musi Rawas, 4(1), 125–144.

Karimah, S. (2013). Pembelajaran Matematika Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Segiempat Kelas VII. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 136–143. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31941/delta.v1i2.482

Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 2(1), 90–98. https://doi.org/https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i1.25

Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom dalam Pendidikan. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 2(1), 132-`139. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/edisi.v2i1.822

Margianto, N. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Implementasi Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Peserta didik Kelas XII SMA Negeri 1 Punggur. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 107. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.889

Mintarsih, H. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Berbasis Smartphone dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik SMK. Prosiding Seminar Nasional Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamanpeserta didik.

Mulatsih, B. (2020). Penerapan Aplikasi Google Classroom, Google Form, dan Quizizz Dalam Pembelajaran Kimia Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 16–26.

Mulyadin, E., Sowanto, S., & Dusalan, D. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Pada Materi Perbandingan Peserta didik SMP. SUPERMAT (Jurnal Pendidikan Matematika), 4(1), 40–51. https://doi.org/10.33627/sm.v4i1.461

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

Munarsih, E. (2016). Pengaruh Hasil Belajar Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading And Composition Pada Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(1), 12–30.

Ningsih, Y. L., Misdalina, M., & Marhamah, M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar Metode Statistika Melalui Pembelajaran Blended Learning. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 155. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.1633

Salantina, L. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Tipe CIRC Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Euclid, 5(1), 70. https://doi.org/10.33603/e.v5i1.705

Setiawan, A., Wigati, S., & Sulistyaningsih, D. (2019). Implementasi Media Game Edukasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X IPA 7 SMA Negeri 15 Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains dan Teknologi Tema Literasi Teknologi Saintifik & Big Data Melalui Pembelajaran 4C’ s", 167–173.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning: Theory, Research and Practice. Allymand Bacon.

Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Nusa Media.

Suhendri, H. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.117

Sulistyaningsih, D., Waluya, S. B., & Kartono, K. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Dengan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1(2), 121–127.

Sutrisno. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dengan Metode Pemecahan Masalah Berbantuan Lembar Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v1i2/Septembe.55

Uno, H. B., & Muhamad, N. (2011). Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM. Bumi Aksara.

Wijayanti, R., Hermanto, D., & Zainudin, Z. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Pada Matakuliah Matematika Sekolah Ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Mahapeserta didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 347–356. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.470

Yuristia, A. (2018). Pendidikan Sebagai Transformasi Kebudayaan. IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya, 2(1), 1–6.

Downloads

Published

2022-12-03

How to Cite

Rahmawati, Malalina, M., & Firma Yenni, R. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK DENGAN PEMBELAJARAN CIRC BERBANTUAN QUIZIZZ . Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 49–55. https://doi.org/10.51517/nabla.v7i2.160