PEMBELAJARAN SPLTV DENGAN KONTEKS MANIK-MANIK UNTUK SISWA SMK TATA BUSANA
DOI:
https://doi.org/10.51517/nabla.v10i2.595Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi pembelajaran Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) berbasis konteks manik-manik serta menganalisis kemampuan siswa dalam memodelkan permasalahan produksi ke dalam bentuk matematis. Pendekatan yang digunakan adalah Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dengan mempertimbangkan relevansi konteks vokasional program keahlian Tata Busana di SMK. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek 30 siswa kelas X Program Keahlian Tata Busana di salah satu SMK Negeri Palembang. Data dikumpulkan melalui observasi berbasis karakteristik PMRI, dokumentasi LKPD, serta wawancara dengan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran SPLTV melalui konteks manik-manik mampu memfasilitasi proses matematisasi horizontal, di mana siswa mengubah situasi nyata menjadi model matematika, dan dilanjutkan dengan matematisasi vertikal saat menyelesaikan SPLTV menggunakan metode eliminasi atau substitusi. Muncul lima karakteristik PMRI dalam pembelajaran, yaitu penggunaan konteks, matematisasi progresif, self-developed models, kontribusi siswa, dan interaktivitas. Hasil tes menunjukkan 85% siswa mampu menyelesaikan SPLTV dengan benar dan menafsirkan solusi sesuai konteks produksi. Wawancara mengungkapkan bahwa siswa merasa lebih mudah memahami materi karena konteks pembelajaran dekat dengan aktivitas vokasional mereka. Dengan demikian, penggunaan pendekatan PMRI berbasis konteks manik-manik efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep SPLTV sekaligus mendukung pembentukan kompetensi program keahlian siswa SMK
Downloads
References
Aprilliana, M., Lusiana, & Jumroh. (2021). Kemampuan pemodelan matematika melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di SMK Yayasan Bakti Prabumulih. Arithmetic: Academic Journal of Math, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.29240/ja.v3i1.2689
Asfyra, I. B. (2017). Konteks busana pada pembelajaran operasi bilangan rasional dengan pendekatan PMRI. Jurnal Gantang, 2(1), 11–19. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.61
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Darmiati, Firman Syah, & Panjaitan, D. J. (2024). Implementasi pembelajaran matematika realistik Indonesia (PMRI) dalam meningkatkan literasi matematika siswa sekolah dasar: Pemodelan matematika dan faktor kontekstual. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 14798–14805. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.14490
Fitra, D. (2018). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam pembelajaran matematika. Jurnal Inovasi Edukasi, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.35141/jie.v1i1.524
Gravemeijer, K. (1994). Developing realistic mathematics education. Utrecht: Freudenthal Institute
Maisyarah, S., & Prahmana, R. C. I. (2020). Learning the surface area of flat-sided spatial building using the Indonesian Realistic Mathematics Education approach. Jurnal Elemen, 6(1). https://10.29408/jel.v6i1.1713
Mulyanti, E., & Safari, Y. (2025). Analisis model Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam meningkatkan literasi dan pemahaman matematika di sekolah dasar. Karimah Tauhid, 4(8). https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v4i8.20041
NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.
Putri, R. I. I., & Andini, A. (2021). Crochet crafts as a context using LSLC in number pattern. In Proceedings of the 8th SEA-DR and 2nd STEACH Conference. https://par.nsf.gov/servlets/purl/10406148
Putri, R. I. I., & Zulkardi. (2022). Students’ problem-solving ability in solving algebra tasks using the context of Palembang. Journal on Mathematics Education, 13(3), 549–564. https://10.22342/jme.v13i3.pp549-564
Zulkardi. (2010). PISA, KTSP and UN. In Prosiding KNM XV: IndoMS dan Jurusan Matematika UNIMA Manado.
