Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik pada Soal Cerita Statistika
Keywords:
Analisis, Komunikasi Matematis, Soal Cerita, StatistikaAbstract
Kemampuan komunikasi matematis memiliki peran penting bagi peserta didik untuk mengekspresikan ide dan gagasannya sehingga dapat menyelesaikan berbagai permasalahan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi matematis dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada penyelesaian soal cerita statistika. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-1 SMP Negeri 15 Padang tahun ajaran 2023/2024. Teknik Pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan komunikasi peserta didik tergolong rendah. Tidak ada peserta didik yang memperoleh skor maksimal pada ketiga indikator yang digunakan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis peserta didik tersebut adalah pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang kurang, tidak memahami maksud soal yang berikan, serta kesalahan prosedural dalam mengerjakan soal.
Downloads
References
Aisyah, S. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24319/https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24319/1/Siti Aisyah, 170205071, FTK, PMA, 081265145334.pdf
Aqilah, Z., & Kartini, K. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Materi Prisma Dan Limas. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2170. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3929
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. (2022).
Dewanti, S. S., & Muna, K. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Soal Cerita Aritmetika Sosial. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(2), 263. https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i2.7885
Dewi, S. P., Maimunah, & Yenita Roza. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Lingkaran ditinjau dari Perbedaan Gender. 7(3), 699–707. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3687
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Medan, Restu Printing Indonesia, Hal.57, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
Fitriani, A. N., & Hidayati, N. (2022). Siswa Sma Pada Materi Program Linier. 5(4), 1033–1040. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.1033-1040
Hikmah, A., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Soal Spldv. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 29. https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1428
Lastari, D. W., Roza, Y., & Hutapea, N. M. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.35706/rjrrme.v1i2.6537
Lubis, R. N., Meiliasari, & Rahayu, W. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(2), 23–34. https://doi.org/10.21009/jrpms.072.03
Munthe, V. F., & Karim, A. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP Pada Materi Relasi dan Fungsi. Prosiding Diskusi Panel Pendidikan Matematika, 17, 325–340. https://didikpos.com/2020/02/pakai-sistem-kuno-kualitas-pendidikan-indonesia-
Repin, H., La, M., & Moh, S. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 10(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v10i1.23843
Silalahi, K., & Lubis, A. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Match Mine terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMA. 06(02), 15387–15395. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5028
Suhenda, L. L. A., & Munandar, D. R. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1100–1107. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5049
Yunarti, Y., & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Peserta Didik Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Indikator Polya. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(2), 129–142. https://doi.org/10.25139/smj.v9i2.3405
