DAMPAK KEMAHIRAN OPERASI ALJABAR DAN MODEL MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA SPLDV: Kajian Pada Siswa Kelas VIII SMP

Authors

  • Luvi Antari Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Rohman Universitas Sjakhyakirti
  • Ria Erviana Universitas Sjakhyakirti
  • Nyimas Inda Kusumawati Universitas Muhammadiyah Palembang

Keywords:

Operasi bentuk aljabar, Pemodelan matematika, Soal Cerita SPLDV

Abstract

Studi ini menyelidiki bagaimana kemampuan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dipengaruhi oleh penguasaan operasi bentuk aljabar dan model matematika. Sampel penelitian ini terdiri dari 139 siswa yang dipilih secara acak sederhana, dan pendekatan kuantitatif dan desain korelasional digunakan. Data dikumpulkan melalui tes esai yang dianalisis dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan operasi bentuk aljabar dan model matematika, masing-masing, memiliki efek positif yang signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV. Selain itu, pengaruh kombinasi kedua variabel ini, yang sangat besar secara bersamaan, menunjukkan betapa pentingnya pengajaran model matematika dan aljabar dalam kurikulum sekolah. Penelitian ini memberikan pendidik informasi yang berharga untuk membantu mereka mengembangkan metode pengajaran yang lebih efisien yang dapat meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarsari, I., & Hasanah, N. (2022). Peran Pembelajaran Pemodelan Matematika di Sekolah. 10(3), 1110–1120. https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/PKWU/article/view/629

Bank, W. (2018). Learning to Realize Education’s Promise. https://www.worldbank.org/en/publication/wdr2018

Darmadi, H. (2021). Teori dan Praktik Pendidikan. Alfabeta.

Farida, I., & Hakim, D. L. (2021). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1123–1136. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1123-1136

Friedman, T. L. (2005). The World Is Flat: A Brief History of the Twenty-first Century. Farrar, Straus and Giroux. https://psycnet.apa.org/record/2005-13366-000

Hamdani, F. (2020). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Kencana.

Mulyadi, S. (2020). Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Surabaya: Unesa University Press.

Nst, M. B., Surya, E., & Khairani, N. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa. 07(March), 1533–1544. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/2291/918

Nugroho, A. (2021). Belajar dan Pembelajaran. Malang: UM Press.

Nuralam, N., & Juslinda, E. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Operasi Aljabar Melalui Strategi Peer Lesson Dengan Media Kartu Siswa Smp. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(2), 1–11. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i2.1160

Phasa, K. C. (2020). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. 04(02), 711–723.

Rahman, A. (2020). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Resi, S. La, Samparadja, H., & Masuha, J. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Kendari. Penelitian, Jurnal Matematika, Pendididikan, 7(2), 29–42.

Robinson, K. (2015). Out of Our Minds: Learning to be Creative, 2nd Edition. Capstone.

Saputra, R. (2021). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Septiyani, AB, J. S., & Rahmawati, F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII Semester Genap UPT SMP Negeri 33 Bandar Lampung Tahun PelajarAN 2021/2022. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika (JMPM), 4(1), 11–22. http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/matematika/article/view/267

Silma, U. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Dalam Model Pembelajaran Learning Cycle 5E. 5(3), 300–318. https://jurnal.uns.ac.id/jpm

Suyono, W. (2021). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Antari, L., Rohman, Erviana, R., & Inda Kusumawati, N. (2024). DAMPAK KEMAHIRAN OPERASI ALJABAR DAN MODEL MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA SPLDV: Kajian Pada Siswa Kelas VIII SMP . Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 35–43. Retrieved from https://ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/412