PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DASAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Authors

  • Luvi Antari Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Amrina Rizta Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Ummu Na’imah Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Nyimas Inda Kusumawati Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.51517/nabla.v7i2.158

Keywords:

kemampuan, matematika dasar, pemahaman konsep

Abstract

Penelitian ini  dilakukan untuk mengetahui gambaran kemampuan pemahaman konsep mahasiswa  dalam menguasai  materi matematika dasar. Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematika dasar mahasiswa melalui soal tes yang disusun berdasarkan indikator pemahaman konsep. Instrumen dalam penelitian ini berbentuk tes tertulis yang berjumlah 6 soal. Sampel pada penelitian ini adalah 58  mahasiswa dari 85 mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UM Palembang. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa kemampuan pemahaman konsep mahasiswa pada materi matematika dasar  dari 58 mahasiswa yang menjadi sampel penelitian adalah 64,68 % dan termasuk kategori cukup. Secara keseluruhan, indikator kemampuan pemahaman konsep matematika yang banyak dikuasai siswa adalah menyatakan ulang sebuah konsep matematika dasar, mengklasifikasi objek serta memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, sedangkan indikator kemampuan pemahaman konsep yang kurang dikuasai siswa adalah menyajikan konsep dan mengaitkan berbagai konsep matematika dasar dalam pemecahan masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfansyur, A., & Maryani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triagulasi Tekhnik, Sumber dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. Jurnal Historis, 146-150.

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Buyung, & Hendriana, E. C. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Menggunakan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Berbasis Etnomatematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science , 1-9.

Citra, R. (2017). Komparasi Hasil Belajar Matematika Menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Pembelajaran Konvensional Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Merangin. Mat-Edukasia, 23-31.

Ellisi, W., & Intan, P. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Materi Geometri Ruang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 1-8.

Farah, I., & Leny, H. (2017). Peran Penguasaan Dasar Matematika Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mata Kuliah Kalkulus I. Jurnal Formatif, 107-114.

Fatqurhohman. (2016). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 127-133.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Lisnani. (2019). Pemahaman Konsep awal Calon Guru Sekolah Dasar tentang Pecahan. Mosharafa, Jurnal Pendidikan Matematika, 61-70.

Mekarise, A. A. (2020). Tekhnik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat . Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 145-151.

Mustangin, & Setiawan, Y. E. (2021). Pemahaman Konsep Matematika Semeser Satu Pada Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal Elemen, 98-116.

Ningsih, S. Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Melallui Pendekatan Matematika Realistik Di SMP Swasta Tarbiyah Islamiyah. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 82-90.

Radiusman. (2020). Studi Literasi : Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika . Fibonacci :Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1-8.

Rismawati, M., & Hutagoal, A. S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 91-115.

Sari, P. (2017). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan PMRI. Jurnal Gantang , 41-50.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemampuan Pdemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 9-16.

Yunita, A., Sovia, A., & Hamdinah. (2020). Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Menggunakan Buku Teks dengan Pendekatan Kontruktivisme. Jurnal Elemen, 56-67.

Downloads

Published

2022-12-03

How to Cite

Antari, L., Rizta, A., Na’imah, U., & Inda Kusumawati, N. (2022). PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DASAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 56–63. https://doi.org/10.51517/nabla.v7i2.158