PEMBELAJARAN KOLABORATIF DI KELAS VII SMP: PENGARUH TUTOR SEBAYA TERHADAP NUMBER SENSE SISWA

Authors

  • Riki Rikarde Universitas Sjakhyakirti
  • Rohman Rohman Universitas Sjakhyakirti
  • Lidya Cahyani Universitas Sjakhyakirti

Keywords:

Tutor Sebaya, Kemampuan Number Sense, Pembelajaran Matematika, Desain Eksperimen

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran tutor sebaya berdampak pada kemampuan menghitung siswa kelas VII SMP Negeri 5 Sungai Rotan. Metode tutor sebaya, yang melibatkan siswa dalam belajar secara kooperatif dan interaktif, diharapkan dapat secara signifikan meningkatkan pemahaman matematika siswa. Eksperimen kuantitatif dilakukan dengan pendekatan posttest only control group design. Penelitian ini terdiri dari dua kelompok: kelompok eksperimen dengan tutor sebaya dan kelompok kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Sungai Rotan, dengan kelompok eksperimen VII.A terdiri dari 21 siswa dan kelompok kontrol VII.B terdiri dari 23 siswa. Penelitian ini menggunakan alat yang divalidasi oleh para ahli untuk menguji kemampuan persepsi angka, yang mencakup operasi bilangan bulat, pecahan, dan soal cerita. Kedua kelompok diuji kemampuan persepsi angka setelah empat minggu menggunakan metode tutor sebaya di kelompok eksperimen dan metode de konvensional di kelompok kontrol. Statistik deskriptif, uji normalitas (Kolmogorov-Smirnov), uji homogenitas (uji Levene ), kemudian uji t-independent adalah semua alat yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan SPSS. Hasil menunjukkan bahwa kelompok eksperimen menerima skor posttest yang lebih tinggi secara signifikan (rata-rata 86.19) dibandingkan kelompok kontrol (rata-rata 80.65), dengan nilai t sebesar 4.257 (p < 0.05). Ini menunjukkan bahwa teknik tutor sebaya efektif. Hasilnya menunjukkan bahwa tutor sebaya meningkatkan pemahaman siswa tentang matematika serta keterampilan sosial seperti bekomunikasi dan bekerja sama. Oleh karena itu, kesimpulan ini merekomendasikan pengajaran matematika di SMP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, R., & Hartoyo, A. (2015). Kemampuan Number Sense Siswa Smp Negeri 5 Pontianak Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Pecahan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(12), 1–12. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13036/11808

Aristia, K., Nasryah, C. E., & Rahman, A. A. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Celengan Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV SD. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 16–25. https://doi.org/10.51276/edu.v1i2.33

Darlina. (2022). Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya Siswa Kelas Ix . 3 Smp. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 5(2), 157–163. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/9419/7361

Hermansyah, H., Aras, I., & Harun, F. (2020). Efektivitas Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Kemampuan Number Sense Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Duripoku. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1), 95. https://doi.org/10.30651/must.v5i1.3614

Hidayah, R. W., & Sholihah, U. (2023). Analisis Kemampuan Number Sense Siswa Berdasarkan Kemampuan Matematika pada Materi Bilangan. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(1), 24. https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i1.7417

Kuslulat, N. A. (2023). Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Inovasi, Pendidikan, 3(1), 26–32. https://jurnalp4i.com/index.php/learning/article/view/2029

Maghfhirah, S., & Maemonah. (2019). Pemikiran Behaviorisme dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Anak, VI(2), 89–110.

Maghfirah, M., & Mahmudi, A. (2018). Number sense: The result of mathematical experience. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012141

Sani, R. A. (2023). Inovasi Pembelajaran. Bumi aksara. https://www.researchgate.net/publication/320540340_INOVASI_PEMBELAJARAN

Sari, R. K. (2019). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Pertama Dan Solusi Alternatifnya. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.33503/prismatika.v2i1.510

Widiyanti, D., & Hadi, K. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa ( LKS ) Bernuansa Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar A . Pendahuluan dalam upaya pengembangan individu di era global ( Hadi , K . 2018 ). IPA memiliki penyelesaian ma. 1(2), 26–34. https://www.edunesia.org/index.php/edu/article/view/34/4

Yoviyanti, R., Suhendar, U., & Bimbingan Rawang, S. (2023). The Effectiveness of Peer Tutoring on Students’ Understanding of Mathematical Concepts. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 6(3), 350–358. https://doi.org/10.23887/jp2.v6i3.65191

Downloads

Published

2024-11-28

How to Cite

Rikarde, R., Rohman, R., & Cahyani , L. (2024). PEMBELAJARAN KOLABORATIF DI KELAS VII SMP: PENGARUH TUTOR SEBAYA TERHADAP NUMBER SENSE SISWA. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 56–63. Retrieved from https://ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/390