SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW: PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT

Authors

  • Anggi Arrochman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Etika Khaerunnisa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.51517/nabla.v10i1.385

Keywords:

Problem Based Learning, Adversity Quotient, Mathematical Connection Abilities

Abstract

Kemampuan koneksi matematis pada sebagian besar peserta didik ditemukan masih tergolong rendah, sehingga diperlukan suatu pembelajaran inovatif yang mendukung peningkatan kemampuan koneksi matematis, salah satunya adalah Problem Based Learning. Adversity Quotient merupakan ketahanan seseorang saat dihadapkan dengan kesulitan, sehingga akan mempengaruhi langkah-langkah menyelesaikan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan tinjauan literatur pengaruh Problem Based Learning terhadap kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari Adversity Quotient. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Systematic Literature Review. Data dikumpulkan dengan mengkaji dan melakukan identifikasi artikel-artikel yang relevan dengan topik penelitian ini. Artikel yang dikaji dalam penelitian ini berjumlah 20 artikel jurnal nasional terindeks SINTA yang diperoleh dari Google Scholar. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif Problem Based Learning terhadap kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari Adversity Quotient. Siswa dengan tingkat AQ tinggi/climber cenderung memiliki kemampuan koneksi matematis tinggi, siswa dengan tingkat AQ sedang/camper cenderung memiliki kemampuan koneksi matematis sedang, dan siswa dengan tingkat AQ rendah/quitter cenderung memiliki kemampuan koneksi matematis rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, N. N., & Mukhlis, M. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI POLYA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 105–128. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i1.105-128

Amelia, S., Awwalin, A. A., & Hidayat, W. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SPLDV. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 169–176. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.169-176

Andriani, D., & Aripin, U. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP. JPMI - Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(1), 25–32. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i1.p25-32

Angelina, M., & Effendi, K. N. S. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP KELAS IX. JPMI - Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 383–394. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.383-394

Aspuri, & Pujiastuti, H. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita: Studi Kasus di SMP Negeri 3 Cibadak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 124–131. https://doi.org/10.25273/jipm.v7i2.3651

Astuti, P. H. M., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 243–250. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36105

Azizah, S. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 370–396. https://doi.org/10.59141/japendi.v1i03.27

Dinata, F. T., Rusyid, H. K., Fatimah, S., & Herman, T. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN LURING PASCA PANDEMI. JPMI - Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1301–1312. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17648

Fani, A. A. D., & Effendi, K. N. S. (2021). KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KECEMASAN BELAJAR PADA SISWA SMP PADA MATERI LINGKARAN. JPMI - Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 137–148. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.137-148

Halawati, F., & Hidayati, R. (2023). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau Dari Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Pada Generasi Alpha Di Min 7 Kuningan. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1861–1871. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7033

Haryanti, S., & Sari, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Instruction terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Adversity Quotient Siswa Madrasah Tsanawiyah. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 77–87. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.6712

Isma, T. W., Putra, R., Wicaksana, T. I., Tasrif, E., & Huda, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 155–164. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.31523

Khoeriah, P., & Solahudin, I. (2024). PENGARUH MODEL PEER TUTORING COOPERATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 1 KASOKANDEL. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 10(1), 1–12. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v10i1.8333

Khumairoh, B., Amin, S. M., & Wijayanti, P. (2020). Penalaran Proporsional Siswa Kelas Menengah dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 9(1), 67–80. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v%vi%i.259

Maryati, I., & Parani, C. E. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 7(2), 143–156. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v7i2.4253

Muliana, Azura, C., & Rohantizani. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(2), 503–514. https://doi.org/10.30601/dedikasi.v6i2.3084

Muslimin, T. P., & Rahim, A. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Implementasi Pembelajaran Berintegrasi STEM: A Systematic Literature Review. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 64–76. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i2.3042

Nasruddin, Chairuddin, Rinda, & Miftachurohmah, N. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Poleang. Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 15–21. https://doi.org/10.32665/james.v5i1.377

Purwati, Afifasani, I., & Firmansyah. (2022). KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3237–3248. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5906

Rena, M. D. D., Daniel, F., & Taneo, P. N. L. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA. JPMI - Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 303–312. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.303-312

Rohmah, H. F., & Warmi, A. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA. JPMI - Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 469–478. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.469-478

Rosyana, S. I., & Effendi, K. N. S. (2021). KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN DATAR. MAJU, 8(1), 441–447.

Saadah, H., Waluya, S. B., & Isnarto. (2022). Adversity Quotient siswa dan guru pada pembelajaran matematika: systematic literature review. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(2), 248–263. https://doi.org/10.26877/aks.v13i2.12401

Salim, K., & Pitriani. (2021). PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP XAVERIUS 1 PALEMBANG. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 56–63. https://doi.org/10.26618/sigma.v13i1.5229

Saputri, C. A., Sarjana, K., Lu’luilmaknun, U., & Azmi, S. (2024). PENGARUH EMOTIONAL QUOTIENT DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI 2 PUJUT TAHUN AJARAN 2023/2024. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 4405–4419. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.13016

Sriwati, G. A. P. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 302–313. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244635

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems (IJIS), 1(2), 63–77. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916

Triyatun. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar melalui Model Problem Based Learning. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(5), 1369–1376. https://doi.org/10.20961/shes.v5i6.84739

Yani, I., Siregar, S. N., & Murni, A. (2024). Implementasi Model Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 7(1), 69–78. https://doi.org/10.24014/juring.v7i1.28002

Yusuf, A. A., Bito, N., Nurwan, & Zakaria, P. (2022). Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), 10–17. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i1.11028

Downloads

Published

2025-05-07

How to Cite

Arrochman, A., & Khaerunnisa, E. (2025). SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW: PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1–14. https://doi.org/10.51517/nabla.v10i1.385