PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VII MTs DARUL MUKHLASIN
DOI:
https://doi.org/10.51517/nabla.v8i1.252Abstract
Penelitian menerapkan metode pembelajaran saintifik berbantuan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok di MTs Darul Mukhlasin. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 28 siswa sebagai responden. Dua siklus pelaksanaan dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Hasil tes pada siklus I menunjukkan rata-rata nilai 78,5%, dengan 20 siswa tuntas KKM dan 8 siswa tidak tuntas. Pada siklus II, rata-rata nilai siswa mencapai 81%, dengan 26 siswa tuntas KKM dan 2 siswa tidak tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran saintifik berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Model ini memicu minat dan keterlibatan siswa, menjadikan mereka lebih aktif dan termotivasi. Pengamatan pada siklus I dan II menunjukkan peningkatan hasil belajar, dengan nilai rata-rata meningkat dari 70,6% pada prasiklus menjadi 81% pada siklus II.
Downloads
References
Ernawati Khumaedi Ani Rusilawati, D. N. S. P. (2016). Dimensi Rasa Ingin Tahu Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Berbantuan Alat Perga Penjernihan Air. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 6(2), 10–17.
Mtsn, D. I., Jambi, K., & Ayu, M. G. (2020). Terhadap Hasil Belajar Siswa Universitas Islam Negeri.
Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2013 Melalui Pendekatan Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Ayat 30 Surah Ar-Ruum dan Ayat 172 Surah Al-‘Araaf. Universitas Singaperbangsa Karawang, 20, 123–144.
Purnamasari, M., Isman, J., Damayanti, A., & Ismah. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Terhadap Konsep Bangun Ruang materi luas dan volume balok dan kubus menggunakan metode drill sekolah smp islam al-ghazali kelas viii. FIBONACI : Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 3(1), 45–52.
Masnur Muslich.2019. Melaksanakan PTK ItuMudah. Classroom Action Research, Jakarta: BumiAksara.
ZainalAqib. 2009. PenelitianTindakanKelas.Bandung : CV. YramaWidya.
Kahar, M, S. (2018) Analisis Minat Belajar Siswa Terhadap Alat Peraga Neraca Cavendish. SEJ (science Education Journal), 1(2), 73..
Huriawati, F., Yusro, A. C., & fisika, P. (n.d.).Pengembangan Odd "Osilator Digital Detector " SEBAGAI. 1-9.
Hapsoro, C. A., & Susanto, H. (2011). Penerapan Pembelajaran Problem Based Instruction Berbantuan Alat Peraga Pada Mentari Cahaya Di Smp. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1), 28-32.
Suyanto & Jihad,Asep.2010.Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga Group.
Sumiharsono, Rudi,& Hasanah, Hisbiyatul. 2018. Media Pembelajaran. Jawa Timur: CV Pustaka Abadi.