Pendekatan PBL Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Siswa di Kawasan Perbatasan
DOI:
https://doi.org/10.51517/nabla.v10i2.561Keywords:
Problem Based Learning, Etnomatematika, berpikir kritis, daerah perbatasanAbstract
Artikel ini membahas penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa di daerah perbatasan Indonesia-Timor Leste. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menganalisis berbagai sumber terkait PBL, etnomatematika, dan berpikir kritis. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi PBL dan etnomatematika mampu menciptakan pembelajaran yang kontekstual dan bermakna, dengan memanfaatkan budaya lokal sebagai sumber masalah matematika. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa tetapi selain itu juga melatih kemampuan analisis, evaluasi, dan pemecahan masalah secara kritis. Tantangan implementasi meliputi keterbatasan pelatihan guru, waktu, dan sumber daya, yang dapat diatasi melalui pelatihan intensif, blended learning, dan kolaborasi dengan komunitas lokal. Simpulan penelitian menegaskan bahwa PBL berbasis etnomatematika efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan matematika di daerah perbatasan sekaligus melestarikan kearifan lokal.
Downloads
References
Afifah, E. P., Setiawan, Y., & Wahyuni. (2019). Efektivitas problem based learning dan problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V dalam pembelajaran matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, 4(1).
Agung, A., et al. (2023). Penerapan model PBL berbantuan Scratch dengan nuansa etnomatematika pada cagar budaya Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 45-60.
Anugraheni, I. (2020). Kesulitan siswa dalam berpikir kritis matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 12-25.
Anwar, M., & Jurotun, B. (2019). Problem Based Learning (PBL) sebagai pendekatan pembelajaran kontekstual. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2), 78-92.
Arends, R. I. (2004). Learning to teach (6th ed.). McGraw-Hill.
Assmarqandi, A., & Hapipi, H. (2021). Problem Based Learning: Konsep dan implementasi. Jurnal Pendidikan Inovatif, 12(3), 112-125.
Barrow, H. S. (1980). Problem-based learning: An approach to medical education. Springer.
Belland, B. R., Glazewski, K. D., & Ertmer, P. A. (2009). Inclusion and problem-based learning: Roles of students in a mixed-ability group. RMLE Online, 32(9), 1-19.
D'Ambrósio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44-48.
D'Ambrósio, U. (2001). Etnomatemática: Elo entre as tradições e a modernidade. Autêntica.
Deda, Y. N., Disnawati, H., Kasa, A. R., Owa, F., & Kusi, E. (2023). Efektivitas "Puzzle Rumah Perkalian" dalam menunjang konsep matematika dasar murid slow learner di kawasan perbatasan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 134-141.
Fisher, A. (2008). Critical thinking: An introduction. Cambridge University Press.
Flaviana, M. V., Taus, S., Nahak, Y. N., & Deda, Y. N. (2022). Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional Congklak di Desa Femnasi. Journal of Mathematics Education and Science, 7(22).
Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235-266.
Ismail, R., & Helmawati. (2018). Meningkatkan SDM berkualitas melalui pendidikan (Menyiapkan SDM Papua yang berdaya saing). Alfabeta.
Kemendikbudristek. (2023). Literasi membaca, peringkat Indonesia di PISA 2022. *Laporan PISA Kemendikbudristek, 1-25*.
Krulik, S., & Rudnick, J. A. (1995). Reasoning and problem solving: A handbook for elementary school teachers. Allyn and Bacon.
Martyanti, A., & Suhartini, S. (2018). Etnomatematika: Menumbuhkan kemampuan berpikir kritis melalui budaya dan matematika. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 35-41.
Meilia, A. T., & Erlangga, G. (2022). Aktualisasi program Kampus Mengajar sebagai ruang kontribusi mahasiswa terhadap pendidikan dasar di Indonesia. Metodik Didaktik, 10(1), 1-15.
Nuh, M. (2021). Etnomatematika dalam pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Nurfahrani, N., Hayati, L., Lu'luilmaknun, U., & Kurniati, N. (2023). Pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 23 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2403-2407.
Pradana, K., & Walid. (2025). Kajian teori: Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui bahan ajar PBL bernuansa etnomatematika kawasan Menara Kudus. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 8, 173-179.
Pranata, A. (2022). Pendidikan model pembelajaran berbasis kearifan lokal di Entikong perbatasan Kalimantan Barat. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 6(4), 548-552.
Purnama, D. T., Chainar, C., & Niko, N. (2021). Partisipasi masyarakat perbatasan Indonesia-Malaysia dalam melanjutkan pendidikan: Studi di perbatasan Aruk Kabupaten Sambas. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 6(2), 107-120.
Puspendik. (2019). *Laporan hasil ujian nasional SMP/MTs tahun ajaran 2018/2019*. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ricardo, C. (2016). Etnomatematika sebagai pendekatan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 67-78.
Rosa, M., & Orey, D. C. (2016). State of the art in ethnomathematics. Dalam M. Rosa, U. D'Ambrosio, D. C. Orey, L. Shirley, W. V. Alangui, P. Palhares, & M. E. Gavarrete (Eds.), Current and future perspectives of ethnomathematics as a program (hlm. 11-37). Springer.
Sarimuddin, M., Muhiddin, & Ristiana, E. (2021). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan berpikir kritis materi IPA siswa kelas V SD di Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(3), 281-288.
Sudarman, S. (2007). Problem Based Learning: Suatu model pembelajaran untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif, 2(2), 68-73.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sumarmo, U. (2000). Kiat pendidikan matematika di Indonesia: Pengembangan berpikir dan disposisi matematik. Jurusan Pendidikan Matematika UPI.
Supriyono, S., & Ramdhan, R. M. (2017). Model implementasi penguatan pendidikan karakter 2017: Kategori daerah tertinggal. Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Suryawan, I. P., Jana, P., Pujawan, I. G. N., Hartawan, I. G. N. Y., & Putri, P. E. W. (2023). Improving students' critical thinking skills through an ethnomathematically controversial problem-based multimodal approach. Pegem Journal of Education and Instruction, 13(3), 323-336.
Tabassum, B., Moin, M., Abbas, Q., Ismail, M. K., & Khan, M. H. N. (2024). The impact of blended learning on student performance. Journal of Education and Social Studies, 5(2), 360-371.
Tan, O. S. (2000). Problem-based learning: Educational innovation across disciplines. Temasek Centre for Problem-Based Learning.
Taus, F. M., Nahak, S., & Deda, Y. N. (2022). Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional Congklak di Desa Femnasi. Journal of Mathematics Education and Science, 7(22).
Triandika, E., Amprasto, & Rumanta, M. (2023). Pengaruh model problem based learning dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas V sekolah dasar. Jurnal Nuansa Akademik, 8(1), 175-188.
Utami, R. (2018). Pembelajaran matematika kontekstual di daerah terpencil. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 89-102.
Utami, R., & Wandini, R. (2023). Tantangan guru dalam menerapkan problem based learning di daerah perbatasan. Jurnal Pendidikan Inovatif, 14(1), 45-58.
Warsilah, H., & Wardiat, W. (2017). Kawasan perbatasan sebagai daerah tertinggal: Studi kasus di Indonesia. Jurnal Sosial dan Pembangunan, 33(2), 201-215.
Wijayanti, A., & Sisworo, D. (2020). Analisis pengajuan soal matematika siswa ditinjau dari gaya kognitif dan gaya belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 147-156.
Zaenuri, F. I., & Nugroho, S. E. (2020). The effectiveness of problem-based learning (PBL) model with ethnomatematics to improve mathematics literacy ability of high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1567, 022086.
Zaenuri, F., Dwidayati, N., & Suyitno, A. (2018). Pembelajaran matematika melalui pendekatan etnomatematika: Studi kasus pembelajaran matematika di China. Jurnal Dedikasi, 12(5), 1421.
