ANALISIS HUBUNGAN ANTARA LITERASI NUMERASI DENGAN LITERASI FINANSIAL MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.51517/nabla.v10i1.541Keywords:
literasi numerasi, literasi finansial, mahasiswa, guru matematika, korelasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara literasi numerasi dan literasi finansial pada mahasiswa calon guru matematika di Universitas Tamansiswa Palembang. Literasi numerasi dan finansial merupakan keterampilan esensial dalam pengambilan keputusan rasional, khususnya dalam konteks ekonomi personal. Pendekatan kuantitatif korelasional digunakan dalam studi ini, dengan melibatkan 12 mahasiswa sebagai sampel. Instrumen penelitian berupa dua jenis tes uraian yang telah divalidasi, masing-masing terdiri dari 15 soal. Hasil analisis menunjukkan bahwa skor rata-rata literasi numerasi sebesar 70,08 dan literasi finansial sebesar 70,50, dengan distribusi data yang normal. Uji korelasi Pearson mengindikasikan adanya hubungan positif yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kemampuan numerik mahasiswa, semakin tinggi pula pemahaman mereka terhadap konsep finansial. Implikasi dari hasil ini menegaskan pentingnya integrasi literasi finansial dalam pembelajaran matematika, khususnya pada pendidikan calon guru. Pembelajaran kontekstual yang mengaitkan matematika dengan kehidupan nyata dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pengambilan keputusan finansial yang bijak.
Downloads
References
Annamaria, L. (2012). Numeracy, Financial Literacy, and Financial Decision-Making. Numeracy, 5(1), 1-14. doi:http://dx.doi.org/10.5038/1936-4660.5.1.2
Ariandani, A. P. (2019). Analisis Hubungan antara Literasi Numerasi, Kecemasan Finansial, Indeks Prestasi Kumulatif dan Uang Saku Bulanan dengan Literasi Keuangan Mahasiswa Universitas Brawijaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(1), 1-22. Diambil kembali dari https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6159?utm_source=chatgpt.com
Fernandes, D., Lynch Jr., J. G., & Netemeyer, R. G. (2014). Financial Literacy, Financial Education, and Downstream Financial Behaviors. Management Science, 60(8), 1861-1883. doi:http://dx.doi.org/10.1287/mnsc.2013.1849
Hermawan, M. D., & Septiani, D. (2024). Literasi Keuangan dan Dampaknya terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa: Tinjauan Literatur. Jurnal STIE Semarang, 16(3), 187-196. doi:https://doi.org/10.33747/stiesmg.v16i3.762
Jappelli, T., & Padula, M. (2013). Investment in Financial Literacy and Saving Decisions. Journal of Banking & Finance, 37(8), 2779-2792. doi:https://doi.org/10.1016/j.jbankfin.2013.03.019
Jayaraman, J. D., Jambunathan, S., & Counselman, K. (2018). The Connection between Financial Literacy and Numeracy: A Case Study from India. Numeracy, 11(2), 1-19. doi:https://doi.org/10.5038/1936-4660.11.2.5
Kurniawan, A., Firmansyah, F., & Pitriani, P. (2025). Analisis Kemampuan Numerasi Mahasiswa Prodi Manajemen dalam Mata Kuliah Praktik Penganggaran Perusahaan. Remik: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 9(2), 305-316. doi:https://doi.org/10.33395/remik.v9i1.14476
Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The Economic Importance of Financial Literacy: Theory and Evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5-44. doi:http://dx.doi.org/10.1257/jel.52.1.5
Magfiroh, V. S., Damayanti, R. C., & Risfiandina, R. (2023). Peran Literasi Matematika dalam Manajemen Keuangan Pribadi di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN), 3(3), 729-738. doi:https://doi.org/10.54082/jupin.251
OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing. doi:http://dx.doi.org/10.1787/9789264190511-en
Otoritas Jasa Keuangan. (2017, Juni 20). Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 30/SEOJK.07/2017. Diambil kembali dari Otoritas Jasa Keuangan: https://ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/regulasi/surat-edaran-ojk/Pages/Surat-Edaran-Otoritas-Jasa-Keuangan-Nomor-30-SEOJK.07-2017.aspx
Otoritas Jasa Keuangan. (2025, Mei 2). Indeks Literasi dan Inklusi Keuangan Masyarakat Meningkat, OJK dan BPS Umumkan Hasil Survei Nasional Literasi Dan Inklusi Keuangan (SNLIK) Tahun 2025. Diambil kembali dari Siaran Pers OJK: https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Pages/OJK-dan-BPS-Umumkan-Hasil-Survei-Nasional-Literasi-Dan-Inklusi-Keuangan-SNLIK-Tahun-2025.aspx
Rismawati, R. (2024). Pembinaan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa. Dalam S. T. Madawistama, F. Fatqurhohman, D. V. Rahayu, M. R. Syawaludin, H. Susanto, S. Hayati, . . . M. Misriyani, Membangun Dinamika: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) (1 ed., hal. 139-144). Tulungagung: Akademika Pustaka.
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Swiecka, B., Yesildag, E., Ozen, E., & Grima, S. (2020). Financial Literacy: The Case of Poland. MDPI: Sustainability, 12(2), 1-17. doi:https://doi.org/10.3390/su12020700
UNESCO. (2017). Education for Sustainable Development Goals: Learning Objectives. Paris: UNESCO.
World Bank. (2022). Global Education Policy Dashboard: Numeracy Indicators and Progress. Washington DC: World Bank.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Most read articles by the same author(s)
- Pitriani, PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CABRI 3D UNTUK MENINGKATKAN HABIT OF THINKING FLEXIBLY SISWA SMA , Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika: Vol. 1 No. 2 (2016)