ANALISIS HUBUNGAN ANTARA LITERASI NUMERASI DENGAN LITERASI FINANSIAL MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA

Authors

  • Pitriani Universitas Tamansiswa Palembang
  • Anton Kurniawan Universitas Sumatera Selatan
  • Rikkie Dekas

DOI:

https://doi.org/10.51517/nabla.v10i1.541

Keywords:

literasi numerasi, literasi finansial, mahasiswa, guru matematika, korelasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara literasi numerasi dan literasi finansial pada mahasiswa calon guru matematika di Universitas Tamansiswa Palembang. Literasi numerasi dan finansial merupakan keterampilan esensial dalam pengambilan keputusan rasional, khususnya dalam konteks ekonomi personal. Pendekatan kuantitatif korelasional digunakan dalam studi ini, dengan melibatkan 12 mahasiswa sebagai sampel. Instrumen penelitian berupa dua jenis tes uraian yang telah divalidasi, masing-masing terdiri dari 15 soal. Hasil analisis menunjukkan bahwa skor rata-rata literasi numerasi sebesar 70,08 dan literasi finansial sebesar 70,50, dengan distribusi data yang normal. Uji korelasi Pearson mengindikasikan adanya hubungan positif yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kemampuan numerik mahasiswa, semakin tinggi pula pemahaman mereka terhadap konsep finansial. Implikasi dari hasil ini menegaskan pentingnya integrasi literasi finansial dalam pembelajaran matematika, khususnya pada pendidikan calon guru. Pembelajaran kontekstual yang mengaitkan matematika dengan kehidupan nyata dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pengambilan keputusan finansial yang bijak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annamaria, L. (2012). Numeracy, Financial Literacy, and Financial Decision-Making. Numeracy, 5(1), 1-14. doi:http://dx.doi.org/10.5038/1936-4660.5.1.2

Ariandani, A. P. (2019). Analisis Hubungan antara Literasi Numerasi, Kecemasan Finansial, Indeks Prestasi Kumulatif dan Uang Saku Bulanan dengan Literasi Keuangan Mahasiswa Universitas Brawijaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(1), 1-22. Diambil kembali dari https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6159?utm_source=chatgpt.com

Fernandes, D., Lynch Jr., J. G., & Netemeyer, R. G. (2014). Financial Literacy, Financial Education, and Downstream Financial Behaviors. Management Science, 60(8), 1861-1883. doi:http://dx.doi.org/10.1287/mnsc.2013.1849

Hermawan, M. D., & Septiani, D. (2024). Literasi Keuangan dan Dampaknya terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa: Tinjauan Literatur. Jurnal STIE Semarang, 16(3), 187-196. doi:https://doi.org/10.33747/stiesmg.v16i3.762

Jappelli, T., & Padula, M. (2013). Investment in Financial Literacy and Saving Decisions. Journal of Banking & Finance, 37(8), 2779-2792. doi:https://doi.org/10.1016/j.jbankfin.2013.03.019

Jayaraman, J. D., Jambunathan, S., & Counselman, K. (2018). The Connection between Financial Literacy and Numeracy: A Case Study from India. Numeracy, 11(2), 1-19. doi:https://doi.org/10.5038/1936-4660.11.2.5

Kurniawan, A., Firmansyah, F., & Pitriani, P. (2025). Analisis Kemampuan Numerasi Mahasiswa Prodi Manajemen dalam Mata Kuliah Praktik Penganggaran Perusahaan. Remik: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 9(2), 305-316. doi:https://doi.org/10.33395/remik.v9i1.14476

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The Economic Importance of Financial Literacy: Theory and Evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5-44. doi:http://dx.doi.org/10.1257/jel.52.1.5

Magfiroh, V. S., Damayanti, R. C., & Risfiandina, R. (2023). Peran Literasi Matematika dalam Manajemen Keuangan Pribadi di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN), 3(3), 729-738. doi:https://doi.org/10.54082/jupin.251

OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing. doi:http://dx.doi.org/10.1787/9789264190511-en

Otoritas Jasa Keuangan. (2017, Juni 20). Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 30/SEOJK.07/2017. Diambil kembali dari Otoritas Jasa Keuangan: https://ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/regulasi/surat-edaran-ojk/Pages/Surat-Edaran-Otoritas-Jasa-Keuangan-Nomor-30-SEOJK.07-2017.aspx

Otoritas Jasa Keuangan. (2025, Mei 2). Indeks Literasi dan Inklusi Keuangan Masyarakat Meningkat, OJK dan BPS Umumkan Hasil Survei Nasional Literasi Dan Inklusi Keuangan (SNLIK) Tahun 2025. Diambil kembali dari Siaran Pers OJK: https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Pages/OJK-dan-BPS-Umumkan-Hasil-Survei-Nasional-Literasi-Dan-Inklusi-Keuangan-SNLIK-Tahun-2025.aspx

Rismawati, R. (2024). Pembinaan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa. Dalam S. T. Madawistama, F. Fatqurhohman, D. V. Rahayu, M. R. Syawaludin, H. Susanto, S. Hayati, . . . M. Misriyani, Membangun Dinamika: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) (1 ed., hal. 139-144). Tulungagung: Akademika Pustaka.

Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swiecka, B., Yesildag, E., Ozen, E., & Grima, S. (2020). Financial Literacy: The Case of Poland. MDPI: Sustainability, 12(2), 1-17. doi:https://doi.org/10.3390/su12020700

UNESCO. (2017). Education for Sustainable Development Goals: Learning Objectives. Paris: UNESCO.

World Bank. (2022). Global Education Policy Dashboard: Numeracy Indicators and Progress. Washington DC: World Bank.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Pitriani, Anton Kurniawan, & Rikkie Dekas. (2025). ANALISIS HUBUNGAN ANTARA LITERASI NUMERASI DENGAN LITERASI FINANSIAL MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 62–72. https://doi.org/10.51517/nabla.v10i1.541