MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (MPG) BERBANTUAN BLENDED LEARNINGPADA TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA PGRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauhmana hasil pembelajaran generatif (MPG) berbantuan Blended Learning yang diterapkan di matakuliah trigonometri pada universitas PGRI Palembang, dan bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis (KPMM) mahasiswa melalui model pembelajaran ini. ModelPembelajaran Generatif (MPG) memiliki empat tahap yaitu tahap persiapan, memfokuskan, tantangan dan aplikasi pada pembelajaran tatap muka dikuliah trigonometri, berbantuan blended learning yaitu dengan menggunakan internet secara online. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes dan postes nonekuivalen. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa matematika pada Universitas PGRI Palembang. yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran Generatif berbantuan blended learning (PGBBL) dan kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional (PK). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan trigonometri dan kemampuan penalaran matematis mahasiswa semester dua pendidikan matematika universitas PGRI adalah cukup baik.(2). Disarankan kepada tenaga pengajar/Dosen untuk dapat mengujicobakan model pembelajaran ini pada kemampuan matematis lainnya.
Downloads
References
Published
How to Cite
Issue
Section
Most read articles by the same author(s)
- Noviani Ariyandika, Rohana, Jayanti, PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 22 PALEMBANG , Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika: Vol. 2 No. 1 (2017)