IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
Abstract
Struktur Aljabar merupakan salah satu mata kuliah yang sebagian besar di dalamnya memuat definisi-definisi aksiomatik beserta teorema-teorema. Sebagai mata kuliah aksiomatik, diharapkan dapat membentuk mahasiswa yang mempunyai tata nalar yang logis, berpikir terstruktur, taat asas, kreatif dan inovatif. Namun pada kenyataannya mahasiswa mengalami kesulitan saat mempelajari teori-teori terkait Struktur Aljabar sehingga berdampak pada kurangnya minat dan daya tarik mahasiswa pada mata kuliahini. Olehnya itu dilakukan kajian teori tentang faktor-faktor penyebab kesulitan belajar pada mata kuliah struktur aljabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor intrinsik yang terdiri dari fisik dan psikis masuk dalam kategori cukup sebagai faktor penyebab kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar di Program Studi Pendidikan Matematika universitas Muhammadiyah Makassar. Sedangkan faktor ekstrinsik diantaranya berupa faktor dosen, muatan materi perkuliahan, alat dan fasilitas, serta pengaruh lingkungan baik itu di kampus maupun dilingkungan masyarakat masuk dalam kategori tinggi. Faktor ekstrinsik lainnya yakni peran orang tua dan lingkungan keluarga masuk dalam kategori cukup.