ANALISIS PROSES BERPIKIR KREATIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN GUARDIAN DAN IDEALIS

Authors

  • Novitasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan proses berpikir kritis siswa hasil temuan penelitian menunjukan bahwa: (1) Proses berpikir kritis dari tipe kepribadian Rational. subjek dapat mengungkapkan apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal tersebut, subjek mampu menguhubungkan informasi penting dari soal dan mampu menentukan strategi yang digunakan untuk menyelesaikan soal, subjek dapat membuat model matematika, subjek dapat menentukan metode penyelesaian dari metode matematika yang telah dipelajari dapat menyimpulkan serta dapat mengevaluasi jawaban yang telah didapatkan. (2) Proses berpikir kritis dari tipe Guardian. subjek dapat mengungkapkan apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal tersebut, subjek mampu menguhubungkan informasi penting dari soal dan mampu menentukan strategi yang digunakan untuk menyelesaikan soal, namun tidak dapat membuat model matematika, tidak dapat menentukan metode penyelesaian dari metode matematika yang telah dipelajari serta tidak dapat menyimpulkan dan mengevaluasi jawabannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

-

Downloads

Published

2017-05-07

How to Cite

Novitasari. (2017). ANALISIS PROSES BERPIKIR KREATIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN GUARDIAN DAN IDEALIS. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/509

Issue

Section

Articles