ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI BENTUK PANGKAT, AKAR, DAN LOGARITMA SISWA KELAS X SMA ISLAM AL-FALAH JAMBI

Authors

  • Aisyah
  • Amrina Rosyada

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kajian tentang kemampuan komunikasi matematis siswa. Beragam permasalahan komunikasi matematis siswa belum dieksplorasi sehingga tidak ada perhatian lebih yang diberikan terhadap kemampuan komunikasi matematis tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek siswa kelas X di SMA Islam Al-Falah Jambi. Hal yang dideskripsikan dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bentuk pangkat, akar, dan logaritma. Dari hasil tes kemampuan komunikasi matematis, sebanyak 50,52% siswa telah mampu menunjukkan pemahaman konsep secara tepat, menggunakan strategi yang tepat, serta alasan yang masuk akal. Ini berarti bahwa sebagian siswa telah memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis yang pertama yaitu tentang strategi/prosedur. Selain itu, sebanyak 60,42% siswa telah memahami penggunaan simbol-simbol matematika secara benar serta menunjukkan perhitungan matematika secara benar. Ini berarti bahwa sebagian besar siswa juga telah memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis yang ke dua yaitu tentang urutan dan organisasi. Pencapaian indikator kemampuan komunikasi matematis yang ke tiga hanya sebanyak 46,88% siswa yang memenuhi. Hal ini mengindikasikan bahwa sebagian besar siswa masih masih kesulitan menggunakan bahasa matematika untuk mengkomunikasikan ide-ide matematika secara tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

-

Downloads

Published

2017-05-07

How to Cite

Aisyah, & Amrina Rosyada. (2017). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI BENTUK PANGKAT, AKAR, DAN LOGARITMA SISWA KELAS X SMA ISLAM AL-FALAH JAMBI. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/504

Issue

Section

Articles