PENDEKATAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP

Authors

  • Evi Lailiyah

Keywords:

Pendekatan Differentiated Instruction, Berpikir Kritis Matematis

Abstract

Tujuan utama penelitian ini untuk mendeskripsikan pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, sebagai akibat dari pembelajaran dengan pendekatan Differentiated Instruction(DI) dan pembelajaran biasa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi/semu dengan pretest-posttest control grup design yang melibatkan 63 siswa kelas 8 dari satu SMPNdi KotaBandung yang ditetapkan secara purposif. Instrumen penelitian ini adalah tes uraian kemampuan berpikir kritis matematis terhadap pembelajaran dengan pendekatan DI. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa, secara keseluruhan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapat pembelajaran DI lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran biasa.Namun berdasarkan kategori KAM (atas, tengah, dan bawah), untuk kategori KAM atas dan tengah, peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapat pembelajaran DI lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran biasa, sedangkan untuk kategori KAM bawah tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis

Downloads

Download data is not yet available.

References

-

Downloads

Published

2016-11-07

How to Cite

Evi Lailiyah. (2016). PENDEKATAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2). Retrieved from https://ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/502

Issue

Section

Articles