DESAIN PEMBELAJARAN ALJABAR BERBASIS PMRI MELALUI PERMAINAN CLUE PADA SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.51517/nabla.v10i1.497Keywords:
Desain pembelajaran, Pendekatan PMRI, ClueAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lintasan belajar pada materi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar melalui pendekatan PMRI menggunakan permainan clue untuk membantu pemahamnan konsep siswa. metode penelitian ini menggunakan desain pembelajaran (design research) yang merupakan salah satu bentuk pendekatan kualitatif. Subjek, tempat dan waktu penelitian ini melibatkan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Sakti PUMI dan seorang guru dikelas tersebut sebagai guru model. Teknik pengumpulan data menggunakan rekaman video, observasi, wawancara, dokumentasi, tes dalam bentuk soal essay. Hypothetical Learning Trajectory (HLT ) yang telah diterapkan dalam penelitian ini telah menjadi lintasan belajar (learning trajectory) yang dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa tentang pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dan juga membantu siswa untuk menemukan dan memahami konsep penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar pada materi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. Melalui pendekatan PMRI menggunakan permainan clue siswa semakin tertarik untuk mempelajari aljabar serta menyelesaiakan persoalan yang ada di LKPD
Downloads
References
Dianti, Y. (2017). ALJABAR. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150–5161. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106
Kamsurya, R., & Masnia, M. (2021). Desain Pembelajaran Dengan Pendekatan Matematika Realistik Menggunakan Konteks Permainan Tradisional Dengklaq Untuk Meningkatkan Keterampilan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4), 67–73. https://doi.org/10.58258/jime.v7i4.2368
Kurniawan, I. (2019). Analysis of the Difficulty of Students in Algebra Problems and Alternative Solving. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), Vol. 4 No.(1), p-ISSN: 2528-102X, e-ISSN: 2541-4321. url:
http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th
Liu, A. (2020). Hipotesis Lintasan Belajar Matematika Siswa Dengan PendekatanPendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Maubeli Tahun Ajaran 2019/2020. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 4(1), 9–15. https://doi.org/10.32938/jipm.4.1.2019.9-15
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Mar’atus, S., Trapsilasiwi, D., Suharto, Susanto, & Yudianto, E. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Tunagrahita Ringan Smalb-C Negeri Jember Dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan Dan Pengurangan Aljabar Menggunakan Alat Peraga Kertas Aljabar. KadikmA, 9(2), 98–107.
Maulidina, Hartatik.(2019). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Matematika.Jurnal Unikama. 3(2), 1-6. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD/article/view/3408/2173
Purba, G. F., Rohana, A., Sianturi, F., Giawa, M., Manik, E., & Situmorang, A. S. (2022). Implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Konsep Merdeka Belajar. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 04(01), 23–33. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i1Rahayu, et al. (2021). Pembelajaran Aljabar Melalui Aplikasi Wolfram Alpha. Jurnal Matematika, 20(1), 51–58 https://journals.unisba.ac.id/index.php/matematika/article/view/1548
Sugiarti, L. (2018). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 323–330.
Trisnawati, S. E., & Wardani, A. K. (2020). Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia untuk Materi Penjumlahan Bentuk Aljabar. Suksa Journal of Mathematics Education, 6(1), 25–32.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185.
Wijaya, A. (2016). Aljabar : Tantangan Beserta. JURNAL GANTANG Pendidikan Matematika FKIP, 1(1), 1–14.
Yulianisa, A., & Sudihartinih, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Aljabar Berbasis Aplikasi Scratch. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 10(2), 142–156. https://doi.org/10.23960/mtk/v10i2.pp142-156
