PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI KEGIATAN LESSON STUDY

Authors

  • Shinta Puspa Kiranasari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Suparni Suparni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51517/nabla.v10i2.453

Keywords:

Kualitas Pembelajaran, Lesson Study, Pembelajaran Matematika

Abstract

Lesson study merupakan sebuah proses pengembangan profesional guru yang berorientasi pada perbaikan proses pembelajaran di kelas sehingga berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika melalui kegiatan lesson study sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 5 Yogyakarta dengan subjek penelitian di kelas X F. Kegiatan lesson study dilaksanakan dalam dua siklus di mana dalam satu siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan asesmen formatif siswa. Data hasil observasi dianalisis secara deskriptif guna mengetahui kualitas pembelajaran matematika. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui dengan membandingkan skor individu siswa dengan skor pada asesmen sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat diketahui bahwa melalui kegiatan lesson study dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Peningkatan kualitas pembelajaran ini dapat terlihat dari jumlah siswa yang aktif semakin meningkat sehingga pembelajaran tidak menjadi membosankan dan siswa antusias dalam belajar serta terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. (2004). Kebijakan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2004. In Departemen Pendidikan Nasional.

Fatimah, H. Y. (2020). Upaya Peningkatan Kinerja Guru Melalui Teknik Lesson Study Secara Kolaboratif dan Rutin di SDN Inpres 1 Wora Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 5(6), 84–89. https://doi.org/10.58258/jupe.v5i6.1633

Fauzan, H., & Anshari, K. (2024). Studi Literatur: Peran Pembelajaran Matematika dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 163–175. https://doi.org/10.55606/jurripen.v3i1.2802

Hasanah, J. U., & Nurqori’ah, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kesejahteraan di Tengah Keragaman Siswa Melalui Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 15(2), 158–171. https://doi.org/10.30863/didaktika.v15i2.2238

Ilawaty, S. A. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi dan Penemuan Terbimbing (Discovery) dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika pada Materi Persamaan Lingkaran. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(3), 565–579. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i3.195

Madya, P. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Guru di Kelas Melalui Pemanfaatan Lesson Study Sebagai Komunitas Belajar Untuk Guru Di SMP Negeri 1 Simpang Teritip Tahun Pembelajaran 2021 / 2022. Intellektika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(5), 165–194. https://doi.org/https://doi.org/10.59841/intellektika.v1i5.428

Rini, A. P. (2021). Lesson Study for Learning Community (Lslc). Jurnal Ilmu Agama Islam, 3(01), 25–38. https://doi.org/10.36269/tlm.v3i01.376

Rosita. (2020). Pelaksanaan Proses Pembelajaran Dikelas dengan Strategi Lesson Study Bagi Guru SMP Negeri 5 Ketapang. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 4(1), 63–71. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v4i1.40883

Sairo, M. I. (2021). Pelaksanaan Lesson Study Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping di Kelas X MIPA 3. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 26–32. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.32188

Saputra, H. (2024). Penguatan Kemampuan Peserta Didik dalam Menghadapi Era Society 5.0 Melalui Pembelajaran Matematika. BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(2), 287–302. https://doi.org/https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i2.640

Sari, A. J., Yuniarti, D., & Wahyuningsih, S. (2017). Analisis Faktor Konfirmatori Untuk Mengetahui Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Mahasiswa Program Studi Statistika FMIPA Universitas Mulawarman. Jurnal Eksponensial, 8(1), 57–62. http://jurnal.fmipa.unmul.ac.id/index.php/exponensial/article/view/77

Sari, C. K., Sutopo, & Aryuna, D. R. (2016). The Profile of Students’ Thinking in Solving Mathematics Problems Based on Adversity Quotient. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 1(1), 36–48. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v1i1.1784

Sari, M., & Hasanudin, C. (2023). Manfaat Ilmu Matematika Bagi Peserta Didik dalam Kehidupan Sehari-hari. Prosiding Seminar Nasional Daring, 1906–1912.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D Edisi Kedua. Alfabeta.

Telaumbanua, M. S., Hulu, D. B. T., Zebua, N. S. A., Zalukhu, A., Herman, Naibaho, T., & Simanjuntak, R. M. (2023). Evaluasi dan Penilaian pada Pembelajaran Matematika. Journal on Education, 06(01), 4781–4792. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3634

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

Kiranasari, S. P., & Suparni, S. (2025). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI KEGIATAN LESSON STUDY . Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 73–83. https://doi.org/10.51517/nabla.v10i2.453