EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS SISWA

Authors

  • Eline Yanty Putri Nasution Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Putri Yulia Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang
  • Putri Yulianti Institut Agama Islam Negeri Kerici

DOI:

https://doi.org/10.51517/nabla.v10i2.423

Keywords:

Realistic Mathematics Education , Kemampuan Spasial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui efektifitas pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Spasial Matematis Siswa. Penelitian ini dilakukan di Pesantren Mukhtariah Ambai tahun pelajaran 2023/2024. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan instrumen tes kemampuan spasial matematis. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Spasial Matematis Siswa efektif untuk diterapkan. Hal ini terlihat dari hasil pengujian hipotesis yang diketahui bahwa nilai signifikasi pada uji hipotesis  0,002 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Kemudian pada perbandingan nilai thitung 5.572 > ttabel  2,201 penggunaan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). Dengan demikian pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) efektif terhadapad  kemampuan spasial matematis siswa.   

                                                                                                         

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, N., & Salam, S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Tingkat Pendidikan Masyarakat Di Desa Made Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang. Conference on Research & Community Services, 211–218.

Arnidha, Y., & Fatahillah, F. (2021). Membentuk Karakter Logis, Kritis, Kreatif dan Inovatif dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Saintifik. JURNAL E-DuMath, 7(1), 35–41.

Astawa, I. B. M. (2022). Peningkatan Spatial Thinking Skills Siswa dalam Pembelajaran Geografi melalui Metode Demonstrasi Berpendekatan Kontekstual. Journal of Education Action Research, 6(2), 242–251.

Fahrudin, F., Ansari, A., & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam. Hikmah, 18(1), 64–80.

Hidayat, E. I. F., Vivi Yandhari, I. A., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106.

Hodiyanto, H. (2018). Kemampuan spasial sebagai prediktor terhadap prestasi belajar geometri mahasiswa. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 59.

Intelektual, S., Matematika, G., Pasca, M., Jurusan, S., & Matematika, P. (2011). (Suara Intelektual Gaya Matematika) Vol. 3, Ed. 1, 2011. Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika), 3(1), 40–47.

Ismail, R. N., & Arnawa, I. M. (2018). Improving Students` Reasoning and Communication Mathematical Ability by Applying Contextual Approach of The 21st Century at A Junior High School In Padang. XIII(11), 76–88.

Ismi, K. (2021). Analisi Kemampuan Spasial Matematis Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender.

Rahman, A. A. (2018). Strategi Belajar Mengajar Matematika. In Buku.

Ramadhani, M. H., & Caswita. (2017). Pembelajaran realistic mathematic education terhadap kemampuan berpikir kreatif. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika2017UIN Raden Intan Lampung, 265–272.

Rinaldi, E. N. Z., Supratman, & Hermanto, R. (2019). Proses Berpikir Peserta Didik Ditinjau Dari Kemampuan Spasial Berdasarkan Level Berpikir Van. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(1), 38–45.

Rodiyana, R., Cahyaningsih, U., Halimah, N., Majalengka, U., & Matematika, P. (2019). Pentingnya Pendekatan Realistic Mathematics Education ( Rme ). 577–584.

Saputra, H. (2018). Kemampuan Spasial Matematis. IAI Agus Salim Metro Lampung, August, 1–8.

Saputri, L. (2017). Peningkatan kemampuan spasial dan self efficacy siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi geometri berbantuan wingeom. Paradikma, 10(3).

Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Sd Negeri Karangroto 04 Semarang. Mimbar Ilmu, 23(3), 237–244.

Sudirman, S., & Alghadari, F. (2020). Bagaimana Mengembangkan Kemampuan Spasial dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah?: Suatu Tinjauan Literatur. Journal of Instructional Mathematics, 1(2), 60–72.

Tyas, N. M. (2016). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. In Digital Repository IAIN Purwokerto.

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

Eline Yanty Putri Nasution, Putri Yulia, & Putri Yulianti. (2025). EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS SISWA. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 84–92. https://doi.org/10.51517/nabla.v10i2.423