PERSPEKTIF GLOBAL TENTANG KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA TINJAUAN BIBLIOMETRIK
Keywords:
Analisis Bibliometrik, Dimensions, Kesulitan Belajar Matematika, VOSviewerAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan informasi berkaitan dengan tren penelitian global tentang topik kesulitan belajar matematika karena belum tersedianya penelitian bibliomterik berkaitan dengan topik tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan merujuk pada artikel dan prosiding internasional pada basis data Dimensions dari rentang tahun 1985 hingga 2024. Dalam penelitian ini Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA) dijadikan acuan pada setiap langkah yang digunakan. Untuk menampilkan tren terbaru dalam topik kesulitan belajar matematika, dalam penelitian ini menggunakan aplikasi VOSviewer. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa topik penelitian “kesulitan belajar matematika” akan menjadi tren global di masa yang akan datang. Artikel karya Utami dan Cahyono yang berjudul Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring dapat dijadikan referensi karena menjadi artikel yang paling sering dirujuk pada topik penelitian ini. Selanjutnya, bidang penelitian yang paling relevan dengan topik ini adalah Bidang Education. Pada network visualization terbaru menampilkan 184 istilah, 10 klaster, 2612 tautan. Istilah yang paling populer dalam penelitian saat ini pada hasil overlay visualization yaitu siswa SD, materi bangun datar dan materi FPB KPK. Hasil dari density visualization menampilkan bahwa harapan untuk penelitian yang akan datang dengan topik kesulitan belajar matematika dapat dikaitkan dengan contextual learning, place value, times student, qualitative descriptive, mathematical concept dan algorithms application karena masih jarang digunakan. Berdasarkan informasi tren dan inovasi yang telah didapatkan dalam penelitian ini, peneliti memberikan rekomendasi untuk mengaitkan topik kesulitan belajar matematika dengan topik yang memiliki tingkat visualisasi tidak jenuh untuk penelitian yang akan datang.
Kata Kunci: Analisis Bibliometrik, Dimensions, Kesulitan Belajar Matematika, VOSviewer
Downloads
References
Ahmad. (2023). Pendekatan Pemecahan Masalah Matematika dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran |, 1(1), 129–137.
Andri, Dores, O. J., & Lina, A. H. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa SDN 01 Nanga Kantuk. J-PiMat, 2(1), 158–167.
Annisa, MZ, Z. A., & Vebrianto, R. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Kampa Full Day School. Journal of Primary Education, 4(1), 95–105.
Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Jendela Pendidikan, 01(02).
Handayani, N. F., & Mahrita, M. (2021). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di SDN Jawa 2 Martapura Kabupaten Banjar. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v6i2.4045
Hirawan, D., Oktafiani, D., Fauzan, T. A., Luckyardi, S., & Jamil, N. (2022). Research Trends in Farming System Soil Chemical: A Bibliometric Analysis using VOSviewer. Moroccan Journal of Chemistry, 10(3), 576–590. https://doi.org/10.48317/IMIST.PRSM/morjchem-v10i3.33145
Huincahue, J., Borromeo-Ferri, R., Reyes-Santander, P., Garrido-Véliz, V., & Albright, J. (2021). Mathematical Thinking Styles-The Advantage of Analytic Thinkers When Learning Mathematics. Education Sciences, 11(289), 1–15. https://doi.org/10.3390/educsci
Husaeni, D. N. Al, Nandiyanto, A. B. D., & Maryanti, R. (2022). Bibliometric Analysis of Special Needs Education Keyword Using VOSviewer Indexed by Google Scholar. Indonesian Journal of Community and Special Needs Education, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.17509/ijcsne.v3i1.43181
Ikhsan, M. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).
Majied, A. A. (2023). Analisis Blibliometrik Perkembangan Penelitian Kajian Akhlak Mulia pada Dimensions. Gunung Djati Conference Series, 23, 452–464.
Nandiyanto, A. B. D., & Al Husaeni, D. F. (2021). A bibliometric analysis of materials research in Indonesian journal using VOSviewer. Journal of Engineering Research (Kuwait), 9(ASSEEE Special Issue), 1–16. https://doi.org/10.36909/jer.ASSEEE.16037
Nunen, van K., Li, J., Reniers, G., & Ponnet, K. (2018). Bibliometric analysis of safety culture research. Safety Science, 108, 248–258. https://doi.org/10.1016/j.ssci.2017.08.011
Page, M. J., McKenzie, J. E., Bossuyt, P., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., Shamseer, L., Tetzlaff, J. M., Akl, E., Brennan, S. E., Chou, R., Glanville, J., Grimshaw, J. M., Hróbjartsson, A., Lalu, M. M., Li, T., Loder, E. W., Mayo-Wilson, E., McDonald, S., … Moher, D. (2021). The prisma 2020 statement: An updated guideline for reporting systematic reviews. In Medicina Fluminensis (Vol. 57, Issue 4, pp. 444–465). Elsevier. https://doi.org/10.21860/medflum2021_264903
Patricia, F. A., & Zamzam, K. F. (2019). Diskalkulia (Kesulitan Matematika) Berdasarkan Gender Pada Siswi Sekolah Dasar di Kota Malang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 288. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.2057
Permatasari, K. G. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84.
Pinahayu, E. A. R. (2015). Problematika Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Eksponen Dan Alternatif Pemecahannya. Jurnal Formatif, 5(3), 182–191.
Safitri, R. A., Megantara, B. A., Saadah, A. M., Widyawati, I. O., Budiarto, K. D., & Darmadi. (2021). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama dalam Pembelajaran Daring. JPdK : Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(2), 81–84.
Sari, L. K., & Madio, S. S. (2021). Kesulitan Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Jarak Jauh. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 409–420.
Sari, R. K. (2019). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama dan Solusi Alternatifnya. Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(1).
Satriawan, H. (2018). Problematika Pembelajaran Matematika Pada Materi Statistika SMP Kelas IX. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(3), 278–285. http://jurnal.uns.ac.id/jpm
Susanti, L., Tania, L., Komala, H. W., & Meiden, C. (2022). Pemetaan Bibliometrik terhadap Social Theory pada Bidang Akuntansi Menggunakan VOSviewer. Jurnal Ekobistek, 272–277. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v11i4.393
Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). MATEMATIKA PADA PROSES PEMBELAJARAN DARING. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(1), 20–26.
Veile, A., Zimmermann, H., Lorenz, E., & Becher, H. (2018). Is smoking a risk factor for tinnitus? A systematic review, meta-analysis and estimation of the population attributable risk in Germany. In BMJ Open (Vol. 8, Issue 2, pp. 1–12). BMJ Publishing Group. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2017-016589
Yuliastuti, R., & Soebagyo, J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Matematika Terapan pada Materi Matriks. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(03), 2270–2284.
