LITERATUR REViEW STUDI LITERATUR: PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

STUDI LITERATUR: PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Authors

  • Karisma Sari Uniwara
  • Maya Rayungsari Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Wiranegara

Keywords:

media pembelajaran, model pembelajaran, kemampuan komunikasi matematika.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dasar kurangnya kemampuan komunikasi matematika yang dimiliki oleh siswa. Beragam macam model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mencapai kemampuan komunikasi matematika siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apa saja media pembelajaran dan model pembelajaran yang dapat mendorong peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu metode Systematic Literature Review (SLR) dengan mengumpulkan 20 artikel yang sesuai dengan penelitian ini. Adapun hasil dari penelitian ini terdaoat dari dua tabel yang berisi mengenai media pembelajaran dan model pembelajaran yang dapat mendorong peningkatan komunikasi matematika siswa. Berdasarkan hasil studi literatur yang telah dilakukan dengan menggunakan beberapa sumber artikel yang relevan dan telah melalui proses seleksi dapat diambil kesimpulan bahwasannya beragam media pembelajaran dan beragam model pembelajaran dapat mendukung kemampuan komunikasi matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderha, R. R., & Maskar, S. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran daring materi eksponensial. 1(2), 1–7.

Andriani, S. (2020). JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI. 1, 33–38.

Apriana, R., Studi, P., Pendidikan, M., Mipa, J. P., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Tanjungpura, U. (2017). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERSTRUKTUR PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERSTRUKTUR PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS.

Apriliani, H. S. (2023). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERKAIT KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS. 08(02), 103–109.

Arnawa, I. M. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika berbasis Genius Learning Strategy dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas XI SMA. 10(1), 149–156. https://doi.org/10.25273/jems.v10i1.12068

Fazriwati, S., & Irvandi, W. (2023). Pengembangan Aplikasi EKSIMATH Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Eksponen. 5(2), 913–924.

Fristadi, R., Bharata, H., & Noer, S. H. (2017). Pengembangan LKPD dengan Model Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.

Hafriani. (2021). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN NCTM MELALUI TUGAS TERSTRUKTUR DENGAN MENGGUNAKAN ICT (Developing The Basic Abilities of Mathematics Students Based on NCTM Through Structured Tasks Using ICT). 22(1), 63–80.

Handayani, Sri Masfuah, S. K. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar. 3(5), 2240–2246.

Hani Ervina Pansa, Caswita, S. S. (2017). Pengembangan LKPD dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.

Hendriana, B. (2018). Identifikasi kemampuan komunikasi matematis dan gaya belajar siswa. 01(1), 477–484.

Hidayat, R., & Musdi, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education ( RME ) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas X SMA. 06(03), 22–31.

Hikmawati, N. N., & Nurcahyono, N. A. (2019). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM. VIII(1), 68–79.

Ika Agustina Fitriani, D. R. R. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN ALJABAR DENGAN. 1–10.

Irma Magfirah,Yusran Zakaria, Iye, Risman Bugiz, R. A. (2021). Pemanafaatan aplikasi Geogebra sebagai pembelajaran Matematika di SMA kabupaten Buru. 148–158.

Ismayanti, S., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII di Kampung Cigulawing. 1(1), 183–196.

Lisa Ramadhani, Rahmah Johar, B. I. A. (2021). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KETERLIBATAN SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION(RME). 10(1), 68–84.

Marzan Armania, Siti Eftafiyana, A. I. S. (2018). Analisis hubungan kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa smp dengan menggunakan pendekatan realistic mathematic education. 1(6), 1087–1094.

Matondang, A. R. (2020). Issn 2087-8249 e-issn 2580-0450. 09(1), 26–34.

Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar ( Studi Literatur ). 4, 1526–1539.

Mita Sari Halawa, F. T. (2021). GEOGEBRA CLASSROOM PADA MATERI PROGREM LINEAR UNTUK. 10(3), 68–74.

Mohammad Archi Maulyda, Vivi Rachmatul Hidayati, Muhammad Erfan, Umar, D. S. (2020). Kesalahan komunikasi matematis (tertulis) siswa ketika memahami soal cerita. 7(1), 1–7.

Mohammad Nabil Nurfaizi, I. (2021). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PROGRAM. 1–15.

Nova, N., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2024). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Learning Cycle-5E untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMA. 2(4), 387–390.

Novita Yuniarti, Leni Sulasmini, Efrina Rahmadhani, Euis Eti Rohaeti, N. F. (2018). HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN SELF ESTEEMSISWA SMP MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGPADA MATERI SEGIEMPAT. 2(1), 62–72.

Nugraha, T. H., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender. 09(April), 1–7.

Pambudi, Didik Sugeng Aini, Risky Qurrotul Oktavianingtyas, E. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Matematika Nalaria berdasarkan Jenis Kelamin. 5(1), 136–148.

Pratiwi, R. A., Hendrayana, A., Sultan, U., Tirtayasa, A., & Serang, K. (2020). PENGEMBANGAN KELAS VIRTUAL DENGAN GNOMIO DALAM. 04(01), 380–395.

Putri, F. N., Siswanto, R. D., & Mawaddah, M. (2023). PENGEMBANGAN E-LKPD UNTUK MENANAMKAN. 16, 75–85.

Resmi, D. C., Rusdi, M., & Huda, N. (2021). Desain LKPD pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berbasis Generative Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Matematika Siswa SMA. 05(02), 1854–1868.

Rianti Rahmalia, Hajidin, dan B. A. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING. 7(1), 137–149.

Roslian Lubis, Muhammad Syahril Harahap, Tarihoran, P. P. (2021). PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19. 4(3), 464–471.

Sarini, E. (2019). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Siswa terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika. 2(1), 9–15.

Septiawati, F., & Zahroh, U. (2024). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MOBILE LEARNING PADA MATERI PELUANG UNTUK MENINGKATKAN. 10(1), 39–52.

Sigit Mulqiyono, Debby Yuniar, I. W. A. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS VIII PADA MATERI BANGUN DATAR SEGITIGA DAN SEGI EMPAT. 1(4), 599–606.

Supartinah, A., Hendriana, H., & Sugandi, A. I. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Pendekatan Saintifik dan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik. 12(1), 58–71. https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2772

Syah, J. M., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP di Kampung Paledang Suci Kaler pada Materi Segiempat dan Segitiga. 1, 373–384.

Ulpah, M., Kosasih, U., Saputra, S., & Nusantara, U. I. (2023). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MODEL ELICITING ACTIVITIES TERKAIT. 08(02), 85–92.

Uvi Karmila, K. S. N. A. (2021). PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH. 4(1), 1–11.

Wahyu, M. N., & Sugeng Sutiarso, H. B. (2020). PEMBELAJARAN SOFT SKILL KOMUNIKASI UNTUK. 04(01), 406–413.

Zaditania, A. P., & Ruli, R. M. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Himpunan. 8(1), 328–336. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1997

Zelin, R., & Sitepu, M. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Dengan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Di SMA Negeri 2 Kabanjahe. 2(1).

Downloads

Published

2024-11-28

How to Cite

Sari, K., & Maya Rayungsari. (2024). LITERATUR REViEW STUDI LITERATUR: PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA: STUDI LITERATUR: PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 64–75. Retrieved from https://ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/407