ANALISIS KESIAPAN UJIAN MATEMATIKA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 3 MAOS
Abstract
Keterampilan dalam matematika menjadi sangat penting pada abad ke-21 saat ini, salah satu hal yang menjadi perhatian adalah kesiapan siswa dalam menghadapi ujian matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis kesiapan siswa SMP Negeri 1 Maos dalam menghadapi ujian matematika dengan memperhatikan beberapa indikator mencakup aspek kepercayaan diri, kebiasaan belajar, kecemasan, pemahaman, waktu, dukungan eksternal, konsentrasi, dan motivasi. Subjek penelitian terdiri dari 26 siswa kelas IX yang dipilih secara acak. Prosedur penelitian meliputi penyusunan, penyebaran, dan analisis angket, serta penarikan kesimpulan. Angket terdiri dari 30 pernyataan dengan skala Likert. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepercayaan diri dan dukungan eksternal siswa berada pada tingkat tinggi, kebiasaan belajar berada pada tingkat sedang, sementara kecemasan, pemahaman, dan motivasi berada pada tingkat sangat rendah. Indikator-indikator yang sangat rendah ini perlu mendapat perhatian lebih dari guru dalam perencanaan pembelajaran.
Downloads
References
Amaliyah, M., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). ANALISIS KESULITAN BELAJAR DAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR IPA SISWA SMP NEGERI 4 SINGARAJA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1). https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.33868
Cohen, L., Manion, L., & & Morrison, K. (2022). Research Methods in Education (8th ed.). London: Routledge. European University Institute, 2.
Hidayat, Y. W., & Maharani, A. (2023). Analisis Kondisi Psikologis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Asesmen Diagnostik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(2). https://doi.org/10.35706/sjme.v7i2.8761
Lastina, F. F., & Abidin, Z. (2013). HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA SMA NEGERI 2 KOTA MAGELANG. Jurnal EMPATI, 2(3). https://doi.org/10.14710/empati.2013.7360
Nur Efendi, & Muh Ibnu Sholeh. (2023). Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2). https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.25
Nurfadillah, Y. K. (2020). HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VII DI SMP N 1 SAMBONG KABUPATEN BLORA. Occupational Medicine, 53(4).
Putri, R. N., Hidayah, N., & Mujidin. (2021). Penyesuaian Diri, Dukungan Sosial, dan Gaya Belajar Visual : Kontribusi terhadap Stres Akademik Siswa di Masa Pandemi. Psyche 165 Journal. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v14i4.136
Rahmawati, D., & Hidayati, Y. M. (2022). Pengaruh Multimedia Berbasis Website Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1465
Sari, Y. L., Subekti, E. E., & Wardana, M. Y. S. (2020). ANALISIS KESULITAN BELAJAR PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB KELAS IV SD. JS (JURNAL SEKOLAH), 4(3). https://doi.org/10.24114/js.v4i3.18522
Sartika, S. H., Dahlan, D., & Waspada, I. (2018). KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI KEBIASAAN BELAJAR SISWA. Jurnal MANAJERIAL, 17(1). https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9760
Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4.
Unaenah, E., Agustin, R., & Septi, S. M. (2023). Analisis Hasil Belajar Matematika dalam Pembelajaran Bangun Datar pada Kelas 5 di SDN Cibodas 6 Kota Tangerang. YASIN, 3(4). https://doi.org/10.58578/yasin.v3i4.1537
