PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT MELALUI METODE TEAM KUIS
DOI:
https://doi.org/10.51517/nabla.v9i1.378Keywords:
Minat belajar, kemampuan pemecahan masalah matematika, media power point, metode team kuisAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IX SMP Negeri 8 Satu Atap Majene dengan menggunakan media pembelajaran berbasis power point melalui metode team kuis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini berjumlah 14 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket minat belajar, angket respon siswa, tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan lembar observasi (Guru dan siswa). Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan deskriptif, Kemudian hasil analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dari siklus I ke siklus II, dengan menggunakan media pembelajaran berbasis power point melalui metode team kuis.
Downloads
References
Agustin, P. T. F., & Hartanto, S. (2018). Pengaruh Minat Belajar Dan Kecemasan Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 4(1), 92. https://doi.org/10.29100/jp2m.v4i1.1782
Baharullah, B., Wahyuddin, W., Usman, M. R., & Syam, N. (2022). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient (Aq). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1039.
Harahap, H. S., & Juyanti, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Team Quiz dan Media Berbasis ICT untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1153–1166. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2100
Kemendikbudristek. (2023). Laporan Pisa Kemendikbudristek. Pemulihan Pembelajaran Indonesia, 1–25.
Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal,1(1),40–48.https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.136
Kurniati, R., & Wildaniati, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Team Quiz terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 35–422.
Lastri, F., Nissa, I. C., & Yuliyanti, S. (2023). Model Problem Based Learning dengan Media Power Point untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Media Pendidikan Matematika, 11(1), 86. https://doi.org/10.33394/mpm.v11i1.8221
Nursanti, R., Sugiatno, Hartoyo, A., & Al., E. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis ICT untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa dalam materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(5), 1–11..
Oktavia, D. N., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2020). Analisis Minat Belajar Matematika Berbasis Daring. DIKDAS MATAPPA , Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, Vol, 3. No(September), 153–158. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.425-434
Simatupang, R., Napitupulu, E., & Asmin, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Efficacy Siswa Pada Pembelajaran Problem Based Learning. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 29–39. https://doi.org/10.24114/paradikma.v13i1.22944
Usman, J., Mawardi, Zein, H. M., & Rasyidah. (2019). Pengantar Praktis Penelitian Tindakan kelas (PTK). AcehPo Publishing. Aceh
Wangge, M. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis ICT dalam Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 31–https://doi.org/10.35508/fractal.v1i1.2793

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Most read articles by the same author(s)
- Amran Yahya, Rahmania Rahmania, Nur Fahri Tadjuddin, PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA , Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika: Vol. 7 No. 2 (2022): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika