ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS PEMETAAN KONSEP (CONCEPT MAPPING)

Authors

  • Fina Lutpiani Thohari Fina Universitas Siliwangi
  • Khomsatun Ni'mah Khomsatun Ni'mah Universitas Siliwangi

Keywords:

Analisis Kesulitan, Soal Matematika, Pemetaan Konsep, SPLTV

Abstract

Penelitian ini berfokus untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis pemetaan konsep (concept mapping). Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa soal tes. Tes tulis terdiri dari 2 soal. Bentuk soal berupa high-directed concept mapping tasks: fill –in-the-map (pemetaan konsep terarah:isi peta). Data hasil pengerjaan siswa dikoreksi dan dianalisis. Siswa yang mengalami kesulitan adalah yang paling banyak melakukan kesalahan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis pemetaan konsep yaitu kesulitan dalam mengidentifikasi masalah, tidak memahami konsep, ketidakmampuan dalam menggunakan informasi yang diberikan, tidakmampu dalam melakukan proses perhitungan matematis, tidakmampu dalam melakukan operasi aljabar dan ketidakmampuan dalam menerapkan prinsip matematika. Kesulitan yang paling besar dialami siswa adalah kesulitan dalam mengidentifikasi masalah dan kesulitan dalam melakukan proses perhitungan matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia, L. I., & Murtiyasa, B. (2023). Analisis profil metakognisi siswa dalam pemecahan asalah matematis ditinjau dari gender pada pembelajaran matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 07(02), 1545–1557. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2302

Berliani, D., & Asmarani, D. (2022). Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa MTs pada materi lingkaran. Aritmatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 89–94. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/aritmatika.v3i2.93

Dungir, A., & Gugule, S. (2021). Pengaruh penggunaan peta konsep terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Tondano pada materi Ikatan Kimia. Oxygenius : Journal of Chemistry Education, 3(1), 11–16. https://doi.org/10.37033/ojce.v3i1.224

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Fatqurhohman. (2016). Pemahaman konsep matematika siswa dalam menyelesaikan masalah bangun datar. Jurnal Ilmiah Pendidika Matematika, 4(2), 127–133.

Fauziah, S., & Wahid, S. (2021). A Development of teaching resources : based on West Java Ethnomathematics for Grade 7 Middle School students a introduction. International Journal of Education and Humanities (IJEH), 1(2), 64–73. http://i-jeh.com/index.php/ijeh/index

Harahap, D. H., & Syarifah, R. (2015). Studi kasus kesulitan belajar matematika pada remaja. Jurnal Psikologi, 11(1), 21–30.

Juniawan, E. A. (2021). Analisis kesulitan belajar matematika siswa dyscalculia dalam menggunakan konsep matematis di lihat dari kesalahan menyelesaikan soal logaritma. Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA), 1(3), 269–286.

Mardhiyah, N., Nabilah, N. A., Ibad, K., Al, A., & Septiadi, D. D. (2021). Pengembangan soal matematika model PISA pada materi transformasi geometri kelas XI. Aritmatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 13–31. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/aritmatika.v2i1.10

Mardiyanti, L., Magriati, D., & Ikrom, M. (2022). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika kelas V SD Negeri 55 Lubuklinggau. Jurnal Tazkirah : Transformasi Ilmu-Ilmu Keislaman, 7(1), 1–14.

Metikasari, S., Mardiyana, & Triyanto. (2019). Mathematics learning difficulties of slow learners on a circle. Journal of Physics, 8(3), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1227/1/012022

Nasution, E. Y. P., Pebrianti, D., & Putri, R. (2020). Analisis terhadap disposisi berpikir kritis siswa jurusan IPS pada pembelajaran mattematika. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 61–76.

Nuriana, R., & Hotimah, I. H. (2023). Penerapan meaningful learning dalam pembelajaran sejarah. JHCJ : Jambura History and Culture Journal, 5(2), 1–15.

Patricia, F. A., & Zamzam, K. F. (2019). Diskalkulia (kesulitan matematika) berdasarkan gender pada siswa Sekolah Dasar di Kota Malang. Aksioma : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 288–297.

Pramesti, C., & Prasetya, A. (2021). Analisis tingkat kesulitan belajar matematika siswa dalam menggunakan prinsip matematis. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(02), 9–17.

Prasasti, D., Awalina, F. M., & Hasana, U. U. (2020). Permasalahan pemahaman konsep siswa pada pelajaran matematika kelas 3 semester 1. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 45–53.

Ramadhan, F. A., & Hidayah, N. (2022). Penggunaan strategy Diskursus Multy Representation ( DMR ) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Aritmatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 75–88. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/aritmatika.v3i2.107

Ramadhani, D. A., & Hakim, D. L. (2021). Kemampuan problem-solving matematis siswa SMA dalam menyelesaikan permasalahan materi fungsi. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1113–1122. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1113-1122

Sekarini, I. G. A., Suparta, I. N., & Astawa, I. W. P. (2018). Penerapan model pembelajaran MID (Meaningful Instructional Design) berorientasi mind mapping untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII-C SMP Negeri 4 Seririt. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajarn Matematika Indonesia, 7(1), 86–94.

Sirri, E. L., Ratnaningsih, N., & Mulyani, E. (2020). Analisis kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir reflektif matematis ditinjau dari tipe kepribadian. Jarme : Journal of Authentic Research on Mathematics Education, 2(1), 1–11.

Sugiarti, L. (2017). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 323–330.

Toyyibah, N., & Setyawan, A. (2020). Analisis pemahaman matematika terhadap hasil belajar siswa Kelas II SDN Bancaran 4 Bangkalan. Prosiding Nasional Pendidikan : LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 288–294.

Turrosifah, H., & Hakim, D. L. (2019). Komunikasi matematis siswa dalam materi matematika sekolahan. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1183–1192.

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540.

Yuliyani, P., Sariningsih, R., & Rohaeti, E. E. (2023). Analisis kesulitan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp materi persamaan garis lurus berdasarkan teori newman. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1661–1670. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.18113

Yunita, L., Sofyan, A., & Agung, S. (2014). Pemanfaatan peta konsep (concept mapping) untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep senyawa hidrokarbon. Edusains, VI(01), 2–8.

Yusmin, E. (2023). Kesulitan belajar siswa pada pelajaran matematika (rangkuman dengan pendekatan meta-ethnography). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 9(1), 2119–2136.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Fina, F. L. T., & Khomsatun Ni'mah, K. N. (2024). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS PEMETAAN KONSEP (CONCEPT MAPPING). Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–13. Retrieved from https://ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/333