METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP
Keywords:
Problem Solving, Penalaran MatematisAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Tridharma Palembang. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen Posttest Only Control Group Design. Populasinya seluruh kelas VIII yang terdiri dari empat kelas. Pengambilan sampel secara acak dan terpilih kelas VIIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis dalam bentuk uraian yang terdiri dari lima butir soal tes, serta teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 9,461 > 1,341. Artinya Ha diterima dan ada pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Tridharma Palembang.
Downloads
References
Adeyemo, S.A. (2010). Background and Classroom Correlate of Students in Physics. International Journal of Educational Research and Technology, 1, 25-34.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Brodie, K. (2014). Learning About Learner Errors in Professional Learning Communities. Educational Studies in Mathematics, 85, 221-239.
Depdiknas. (2004). Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Gagne, R. M. (1970). The Conditions of Learning. (2nd ed). New York: Holt Rinehart and Winston.
Jumanta. (2011). Penalaran dalam Proses Penulisan Ilmiah. Jakarta: Universitas Esa Unggul.
Nasution. (2006). Berbagai Pendekataan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Polya, G. (1985). How to Solve It. A New Aspect of Mathematical Method. Princeton University Press, Princeton, New Jersey.
Sanjaya, Wina. (2006), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Group.
Wena, Made. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Most read articles by the same author(s)
- eko Susanto, Malalina, Rika Firma Yenni, PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA RUMAH LIMAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI , Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika: Vol. 7 No. 1 (2022): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
- Malalina, PENGARUH BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN LINGKARAN KELAS VIII SMP BINA LESTARI PALEMBANG , Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika: Vol. 1 No. 2 (2016)
