ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA BILANGAN BULAT, PECAHAN DAN ALJABAR
DOI:
https://doi.org/10.51517/nabla.v8i2.260Keywords:
aljabar, bilangan bulat, kesalahan, pecahanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesalahan mahasiswa dalam mengerjakan soal bilangan bulat, pecahan, dan aljabar. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan test dan wawancara. Data dianalisis untuk mengetahui kesalahan pada pengerjaan soal, kemudian dikelompokkan menjadi kesalahan konsep, prosedural, dan teknik. Hasil penelitian mendapatkan kesalahan konsep pada: (1) Bilangan bulat berupa penjumlahan, pengurangan, distruibusi, pertemuan tanda. (2) Pecahan berupa penjumlahan bilangan bulat, pecahan senilai, pembagian pecahan, pecahan campuran, operasi pecahan dengan bilangan bulat. (3) Aljabar berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bentuk aljabar, transformasi aljabar, memfaktorkan, asosiatif. Kesalahan prosedur pada: (1) Bilangan bulat berupa perubahan tanda, positif dan negatif (2) Pecahan berupa penyamaan penyebut, mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa, penjumlahan dan pengurangan pecahan. (3) Aljabar berupa pengurangan, perkalian bentuk aljabar, penjumlahan dan pengurangan pecahan bentuk aljabar. Kesalahan teknik berupa kesalahan dalam memahami soal, salah dalam menjumlahakan dan mengurangi bilangan bulat, pecahan, aljabar. Kesalahan dilakukan karena kurangnya pemahaman yang disebabkan mahasiswa tidak nyaman dalam belajar matematika dan lupa konsep.
Downloads
References
Anugrahana, A. (2020). Analisis Kesalahan Matematika Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Sigma, 5(2), 91. https://doi.org/10.36513/sigma.v5i2.791
Armin, R., & Idham, N. (2019). Pengaruh Penguasaan Bilangan Bulat Terhadapa Penguasaan Konsep Aljabar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Siompu. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(2), 136–141. https://doi.org/10.55340/japm.v5i2.185
Azizah, A. N., Amelia, A., Arinda, D., Ghozalina, Aida, D. N., Ulya, I., Demanda, K., Nisa, K., Setiawan, M. F., & Rahmasari, T. (2022). Matematika di Era Disrupsi Peluang dan Tantangan. CV. Alinea Media Dipantara.
Baharuddin, M. R., & Jumarniati, J. (2021). Investigasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bilangan Cacah: Kasus Pada Kesalahan Prosedural Dan Kesalahan Konsep. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80–98. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.507
Daswarman. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Metode Newmann. Jurnal Eksakta Pendidikan, 4(1), 73–80. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss1/435
Deringöl, Y. (2019). Misconceptions of primary school students about the subject of fractions. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(1), 29–38. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i1.16290
Jana, P. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Vektor. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 8–14. https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.398
Kanduli, P. P., Prayitno, A., & Khasanah, F. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar. LIKHITAPRAJNA Jurnal Ilmiah, 20(1), 1–12. http://likhitapradnya.wisnuwardhana.ac.id/index.php/likhitapradnya/article/view/91
Khalid, M., & Embong, Z. (2019). Sources and Possible Causes of Errors and Misconceptions in Operations of Integers. International Electronic Journal of Mathematics Education, 15(2). https://doi.org/10.29333/iejme/6265
Laja, Y. P. W. (2022). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Limit Trigonometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 37–48. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1129
Malihatuddarojah, D., & Prahmana, R. C. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Operasi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1–8. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6668.
Marisa, G., Syaiful, S., & Hariyadi, B. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar Berdasarkan Taksonomi SOLO. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 77. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9971
Nassaji, H. (2015). Qualitative and descriptive research: Data type versus data analysis. Language Teaching Research, 19(2), 129–132. https://doi.org/10.1177/1362168815572747
Nasir, N. M., Hashim, Y., Zabidi, S. F. H. A., Awang, R. J., & Zaihidee, E. M. (2013). Preliminary study of student performance on algebraic concepts and differentiation. World Applied Sciences Journal, 21(SPECIAL ISSUE3), 162–167. https://doi.org/10.5829/idosi.wasj.2013.21.am.21140
Noperta, & Sari, M. (2023). The Influence Of Peer Tutoring-Based Humanistic Mathematics Learning On The Motivation Of Learning Mathematics Of High School Students. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 14(1), 134–146. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v14i1.53507
Pramesti, T. I., & Retnawati, H. (2019). Difficulties in learning algebra: An analysis of students’ errors. Journal of Physics: Conference Series, 1320(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1320/1/012061
Putri, A. P., Nursalam, & Sulasteri, S. (2014). Pengaruh Penguasaan Materi Prasyarat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smpn 1 Sinjai Timur. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 2(1), 17–30. https://doi.org/10.24252/mapan.2014v2n1a2
Rahmawati, A. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan Pada Mata Kuliah Kalkulus I. 8(1), 81–90. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.957
Riyanto. (2022). Metodologi Penelitian Matematika (1st ed.). Lakeisha.
Rosyidah, A. N. K., Maulyda, M. A., & Oktaviyanti, I. (2020). Miskonsepsi Matematika Mahasiswa PGSD Pada Penyelesaian Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 15–21. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.244
Sari, M. R., Sa’dijah, C., & Sukoriyanto, S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Tes Literasi Statistik Berdasarkan Tahapan Kastolan. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 156–169. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.13948
Surya, I. T. M., Suastika, I. K., & Sesanti, N. R. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Materi Operasi Bentuk Aljabar Berdasarkan Tahapan Newman Di Kelas VII SMP NU Bululawang. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(1), 25–33. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i1.3058
Tonda, A. F., Suwanti, V., & Murniasih, T. R. (2020). Analisis kesalahan konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal operasi aljabar berdasarkan gaya belajar. Jurnal Silogisme, 5(1), 19–24. https://doi.org/10.24269/silogisme.v5i1.2537
Veloo, A., Krishnasamy, H. N., & Wan Abdullah, W. S. (2015). Types of student errors in mathematical symbols, graphs and problem-solving. Asian Social Science, 11(15), 324–334. https://doi.org/10.5539/ass.v11n15p324
Wahyuni, A. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Dasar. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 10–23. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.253
Wahyuningsih, D. T. (2012). Penggunaan Media Mobil Mainan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1, 587–592. https://doi.org/10.21067/jip.v5i1.689
Widiyanti, P., Zubaidah, & Yani, A. (2015). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Aljabar Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Katulistiwa, 4(9), 1–17. https://doi.org/10.26418/jppk.v4i9.11534
Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Universitas Muhamadiyah Malang.
