ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA BILANGAN BULAT, PECAHAN DAN ALJABAR

Authors

  • Noperta Noperta Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci
  • Oeky Hacinthia SD Negeri 064/XI Koto Tuo Tanah Kampung Kota Sungai Penuh

DOI:

https://doi.org/10.51517/nabla.v8i2.260

Keywords:

aljabar, bilangan bulat, kesalahan, pecahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesalahan mahasiswa dalam mengerjakan soal bilangan bulat, pecahan, dan aljabar. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan test dan wawancara. Data dianalisis untuk mengetahui kesalahan pada pengerjaan soal, kemudian dikelompokkan menjadi kesalahan konsep, prosedural, dan teknik. Hasil penelitian mendapatkan kesalahan konsep pada: (1) Bilangan bulat berupa penjumlahan, pengurangan, distruibusi, pertemuan tanda. (2) Pecahan berupa penjumlahan bilangan bulat, pecahan senilai, pembagian pecahan, pecahan campuran, operasi pecahan dengan bilangan bulat. (3) Aljabar berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bentuk aljabar, transformasi aljabar, memfaktorkan, asosiatif. Kesalahan prosedur pada: (1) Bilangan bulat berupa perubahan tanda, positif dan negatif (2) Pecahan berupa penyamaan penyebut, mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa, penjumlahan dan pengurangan pecahan. (3) Aljabar berupa pengurangan, perkalian bentuk aljabar, penjumlahan dan pengurangan pecahan bentuk aljabar. Kesalahan teknik berupa kesalahan dalam memahami soal, salah dalam menjumlahakan dan mengurangi bilangan bulat, pecahan, aljabar. Kesalahan dilakukan karena kurangnya pemahaman yang disebabkan mahasiswa tidak nyaman dalam belajar matematika dan lupa konsep.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugrahana, A. (2020). Analisis Kesalahan Matematika Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Sigma, 5(2), 91. https://doi.org/10.36513/sigma.v5i2.791

Armin, R., & Idham, N. (2019). Pengaruh Penguasaan Bilangan Bulat Terhadapa Penguasaan Konsep Aljabar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Siompu. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(2), 136–141. https://doi.org/10.55340/japm.v5i2.185

Azizah, A. N., Amelia, A., Arinda, D., Ghozalina, Aida, D. N., Ulya, I., Demanda, K., Nisa, K., Setiawan, M. F., & Rahmasari, T. (2022). Matematika di Era Disrupsi Peluang dan Tantangan. CV. Alinea Media Dipantara.

Baharuddin, M. R., & Jumarniati, J. (2021). Investigasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bilangan Cacah: Kasus Pada Kesalahan Prosedural Dan Kesalahan Konsep. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80–98. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.507

Daswarman. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Metode Newmann. Jurnal Eksakta Pendidikan, 4(1), 73–80. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss1/435

Deringöl, Y. (2019). Misconceptions of primary school students about the subject of fractions. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(1), 29–38. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i1.16290

Jana, P. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Vektor. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 8–14. https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.398

Kanduli, P. P., Prayitno, A., & Khasanah, F. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar. LIKHITAPRAJNA Jurnal Ilmiah, 20(1), 1–12. http://likhitapradnya.wisnuwardhana.ac.id/index.php/likhitapradnya/article/view/91

Khalid, M., & Embong, Z. (2019). Sources and Possible Causes of Errors and Misconceptions in Operations of Integers. International Electronic Journal of Mathematics Education, 15(2). https://doi.org/10.29333/iejme/6265

Laja, Y. P. W. (2022). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Limit Trigonometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 37–48. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1129

Malihatuddarojah, D., & Prahmana, R. C. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Operasi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1–8. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6668.

Marisa, G., Syaiful, S., & Hariyadi, B. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar Berdasarkan Taksonomi SOLO. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 77. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9971

Nassaji, H. (2015). Qualitative and descriptive research: Data type versus data analysis. Language Teaching Research, 19(2), 129–132. https://doi.org/10.1177/1362168815572747

Nasir, N. M., Hashim, Y., Zabidi, S. F. H. A., Awang, R. J., & Zaihidee, E. M. (2013). Preliminary study of student performance on algebraic concepts and differentiation. World Applied Sciences Journal, 21(SPECIAL ISSUE3), 162–167. https://doi.org/10.5829/idosi.wasj.2013.21.am.21140

Noperta, & Sari, M. (2023). The Influence Of Peer Tutoring-Based Humanistic Mathematics Learning On The Motivation Of Learning Mathematics Of High School Students. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 14(1), 134–146. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v14i1.53507

Pramesti, T. I., & Retnawati, H. (2019). Difficulties in learning algebra: An analysis of students’ errors. Journal of Physics: Conference Series, 1320(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1320/1/012061

Putri, A. P., Nursalam, & Sulasteri, S. (2014). Pengaruh Penguasaan Materi Prasyarat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smpn 1 Sinjai Timur. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 2(1), 17–30. https://doi.org/10.24252/mapan.2014v2n1a2

Rahmawati, A. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan Pada Mata Kuliah Kalkulus I. 8(1), 81–90. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.957

Riyanto. (2022). Metodologi Penelitian Matematika (1st ed.). Lakeisha.

Rosyidah, A. N. K., Maulyda, M. A., & Oktaviyanti, I. (2020). Miskonsepsi Matematika Mahasiswa PGSD Pada Penyelesaian Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 15–21. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.244

Sari, M. R., Sa’dijah, C., & Sukoriyanto, S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Tes Literasi Statistik Berdasarkan Tahapan Kastolan. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 156–169. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.13948

Surya, I. T. M., Suastika, I. K., & Sesanti, N. R. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Materi Operasi Bentuk Aljabar Berdasarkan Tahapan Newman Di Kelas VII SMP NU Bululawang. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(1), 25–33. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i1.3058

Tonda, A. F., Suwanti, V., & Murniasih, T. R. (2020). Analisis kesalahan konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal operasi aljabar berdasarkan gaya belajar. Jurnal Silogisme, 5(1), 19–24. https://doi.org/10.24269/silogisme.v5i1.2537

Veloo, A., Krishnasamy, H. N., & Wan Abdullah, W. S. (2015). Types of student errors in mathematical symbols, graphs and problem-solving. Asian Social Science, 11(15), 324–334. https://doi.org/10.5539/ass.v11n15p324

Wahyuni, A. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Dasar. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 10–23. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.253

Wahyuningsih, D. T. (2012). Penggunaan Media Mobil Mainan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1, 587–592. https://doi.org/10.21067/jip.v5i1.689

Widiyanti, P., Zubaidah, & Yani, A. (2015). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Aljabar Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Katulistiwa, 4(9), 1–17. https://doi.org/10.26418/jppk.v4i9.11534

Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Universitas Muhamadiyah Malang.

Downloads

Published

2023-11-26

How to Cite

Noperta, N., & Hacinthia, O. (2023). ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA BILANGAN BULAT, PECAHAN DAN ALJABAR. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 74–87. https://doi.org/10.51517/nabla.v8i2.260