PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN SOFT SKILLS PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.51517/nabla.v8i1.251Keywords:
Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan, Pembelajaran Matematika, Soft SkillsAbstract
Isu tentang keberlanjutan dan tuntutan perkembangan zaman dalam mengembangkan soft skills telah mendorong penelitian terkait penerapan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan dalam pembelajaran matematika guna memperkuat soft skills. Hal ini menjadi topik yang layak untuk dipertimbangkan. Oleh karena itu, perlu diteliti bagaimana penerapan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan dalam pembelajaran matematika telah berhasil mengembangkan soft skills. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review untuk menganalisis artikel penelitian dari tahun 2012 hingga 2023. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa untuk mencapai soft skills, Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan dalam pembelajaran matematika dilakukan melalui penggunaan model pembelajaran yang merancang peserta didik agar aktif terlibat, menawarkan masalah keberlanjutan yang dapat dipecahkan secara matematis, serta memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk berdiskusi, berkolaborasi, dan mengemukakan pendapat. Selain itu, peran bahan ajar juga sangat penting, sehingga pendidik perlu memilih buku dan media yang memuat konten tentang keberlanjutan. Terdapat peluang besar untuk penelitian lebih lanjut mengenai pencapaian soft skills melalui Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan dalam pembelajaran matematika, mengingat masih ada banyak aspek soft skills yang belum diteliti secara mendalam.
Downloads
References
Aslam, S., Saleem, A., Hali, A. U., & Zhang, B. H. (2021). Promoting Sustainable Development in School Classrooms: Using Reciprocal Teaching in Mathematics Education. TEM Journal, 10(1), 392–400. https://doi.org/10.18421/TEM101-49
Darma, Y., Firdaus, M., & Irvandi, W. (2020). Soft Skills Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 225–239. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1876
Juandi, D. (2021). Heterogeneity of problem-based learning outcomes for improving mathematical competence: A systematic literature review. Journal of Physics: Conference Series, Volume 1722, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1722/1/012108
Körtesi, P., Simonka, Z., Szabo, Z. K., Guncaga, J., & Neag, R. (2022). Challenging Examples of the Wise Use of Computer Tools for the Sustainability of Knowledge and Developing Active and Innovative Methods in STEAM and Mathematics Education. Sustainability, 14(20), 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.3390/su142012991
Martiani, S. (2019). Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Education For Sustainable Development Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Sikap Empati Siswa SMK : Design Research dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Lingkungan [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/38927/
Moloi, T. J., & Matabane, M. E. (2020). Reimagining the sustainable and social justice mathematics classrooms in the fourth industrial revolution. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(12), 281–294. https://doi.org/10.26803/ijlter.19.12.15
Nikmah, I. L. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMA Berbasis Tujuan Education for Sustainable Development Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/47341/
OECD. (2005). The role of the national qualifications system in promoting lifelong learning: Report from thematic group 2—Standards and quality assurance in qualifications with special reference to the recognition of non-formal and informal learning. OECD Publishing. https://www.oecd.org/education/skills-beyond-school/34376318.pdf
Putra, J. D. (2022). Integrasi Prinsip Education for Sustainable Development Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Sikap Sosial Siswa [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/70999/
Putra, J. D., & Nurcahyono, N. A. (2022). Pembelajaran Matematika Berbasis Education For Sustainable Development Dilihat Dari Perspektif Sikap Sosial Siswa. Cahaya Pendidikan, 8(2), 137–147. https://doi.org/https://doi.org/10.33373/chypend.v8i2.4735
Rahmawati, L., Juandi, D., & Nurlaelah, E. (2022). Implementasi STEM Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis. AKSIOMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2002–2014. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5490
Ramadhanti, F. T., Juandi, D., & Jupri, A. (2022). Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 667–682. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4715
Rico, A., Agirre-Basurko, E., Ruiz-González, A., Palacios-Agundez, I., & Zuazagoitia, D. (2021). Integrating mathematics and science teaching in the context of education for sustainable development: Design and pilot implementation of a teaching-learning sequence about air quality with pre-service primary teachers. Sustainability (Switzerland), 13(8), 1–21. https://doi.org/10.3390/su13084500
Sary, R. F., Juandi, D., & Jupri, A. (2022). Model Pembelajaran Discovery Learning dan Kemampuan Penalaran Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1028–1038. https://doi.org/: https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4765
Shaw, R., & Oikawa, Y. (2014). Education for Sustainable Development and Disaster Risk Reduction. Springer.
Sholehah, M. (2018). Desain Bahan Ajar Matematika Kelas VIII SMP Berbasis Tujuan Education For Sustainbale Development (ESD) Pada Materi Statistika [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/39196/
Steven, K. S. (2018). Mathematics Education for Accountability and Sustainable Development. World Journal of Finance and Investment Research, 3(2), 27–33.
Thovawira, F. A., Safitri, I., Supartik, S., Sitompul, N. N. S., & Anggriyani, I. (2020). Systematic Literature Review: Implementasi Pendekatan Stem (Manfaat Dan Tantangan) Di Indonesia. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 355–371. https://doi.org/10.31100/histogram.v4i2.682
UNESCO. (2017). Education for Sustainable Development Goals: Learning Objectives. UNESCO.
Vilmala, B. K., Kaniawati, I., Suhandi, A., Permanasari, A., & Khumalo, M. (2022). A Literature Review on Education for Sustainable Development (ESD) in Science Learning: What, Why, and How. Journal of Natural Science and Integration, 5(1), 35–44. https://doi.org/10.24014/jnsi.v5i1.15342