PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA SETELAH PANDEMI: TINJAUAN DARI SISTEM PEMBELAJARAN DARING DAN LURING
DOI:
https://doi.org/10.51517/nabla.v8i1.207Keywords:
kemampuan berpikir kritis, pembelajaran daring, pembelajaran luring, kemampuan tingkat tinggi, learning management systemAbstract
Seiring dengan semakin meredanya kasus COVID-19, pembelajaran secara luring mulai dilakukan. Namun, pembelajaran daring masih menjadi opsi yang cukup dipertimbangkan. Sementara itu, beberapa penelitian juga menemukan bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa daring masih dalam tahap yang memuaskan. Untuk mendapatkan sistem kelas yang terbaik diantara kelas daring dan luring, penelitian ini berusaha untuk mengivestigasi mengenai profil peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa daring dan luring serta membandingkan peningkatan kemampuan dari kedua kelas tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan pretes dan postes. Sampel dari penelitian ini adalah 60 orang pendidikan matematika. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dan pedoman wawancara. Data dianalisis menggunakan stattstika deskriptif dan uji T. Hasil penelitian menunjukan a) profil kategori peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa luring tersebar pada kategori sangat tinggi, tinggi, cukup, rendah dan sangat rendah berturut-turut sebanyak 7%, 17%, 48%, 21% dan 7%., b) profil kategori peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa daring tersebar pada kategori sangat tinggi, tinggi, cukup, rendah dan sangat rendah berturut-turut sebanyak 10%, 29%, 32%, 26%, dan 3%, c) tidak ada perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemampuan berpikirk kritis mahasiswa yang belajar dengan sitem daring dan luring.
Downloads
References
Al-Amin, M., Zubayer, A. Al, Deb, B., & Hasan, M. (2021). Status of tertiary level online class in Bangladesh: students’ response on preparedness, participation and classroom activities. Heliyon, 7(1). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e05943
Baber, H. (2022). Social interaction and effectiveness of the online learning – A moderating role of maintaining social distance during the pandemic COVID-19. Asian Education and Development Studies, 11(1), 159–171. https://doi.org/10.1108/AEDS-09-2020-0209
Bakri, F., Sumardani, D., & Muliyati, D. (2019). Integrating augmented reality into worksheets: Unveil learning to support higher-order thinking skills. AIP Conference Proceedings, 2169. https://doi.org/10.1063/1.5132647
Changwong, K., Sukkamart, A., & Sisan, B. (2018). Critical thinking skill development: Analysis of a new learning management model for Thai high schools. Journal of International Studies, 11(2), 37–48. https://doi.org/10.14254/2071
Evendi, E., Al Kusaeri, A. K., Pardi, M. H. H., Sucipto, L., Bayani, F., & Prayogi, S. (2022). Assessing students’ critical thinking skills viewed from cognitive style: Study on implementation of problem-based e-learning model in mathematics courses. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 18(7). https://doi.org/10.29333/ejmste/12161
Faizah, U., Ambarwati, R., & Rahayu, D. A. (2021). From offline to online learning: Various efforts to secure the learning process during covid-19 outbreaks. Journal of Physics: Conference Series, 1747(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1747/1/012002
Kertiyani, N. M. I., Fatimah, S., & Dahlan, J. A. (2022). Critical thinking skill through problem-based learning with problem posing within-solution. Journal of Mathematics and Science Teacher, 2(2), em017. https://doi.org/10.29333/mathsciteacher/12369
Kertiyani, N. M. I., & Sarjana, K. (2022). The critical thinking skill of mathematics education students during pandemic: A Review. Jurnal Pijar Mipa, 17(2), 246–251. https://doi.org/10.29303/jpm.v17i2.3425
Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 136–142. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i2.25029
Landrum, B., Bannister, J., Garza, G., & Rhame, S. (2021). A class of one: Students’ satisfaction with online learning. Journal of Education for Business, 96(2), 82–88. https://doi.org/10.1080/08832323.2020.1757592
Majerek, D. (2014). Application Of Geogebra For Teaching Mathematics. Advances in Science and Technology Research Journal, 8, 51–54. https://doi.org/10.12913/22998624/567
Molina, C. (2014). Teaching Mathematics Conceptually. SEDL, 1(4), 1–4.
Muhtarom, Zuhri, M. S., Herlambang, B. A., & Murtianto, Y. H. (2022). Comparison of students’ mathematics critical thinking skills through the use of learning management systems and whatsapp groups in online learning. AIP Conference Proceedings , 020036.
Mukuka, A., Shumba, O., & Mulenga, H. M. (2021). Students’ experiences with remote learning during the COVID-19 school closure: implications for mathematics education. Heliyon, 7(7). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07523
Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124–132. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p124
Nurbaiti, Meriyati, & Putra, F. G. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Konsep Gamifikasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–13.
Payadnya, I. P. A. A., & Suwija, I. K. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Metode Statistika Di Era Pandemi Covid-19. Journal of Honai Math, 4(2), 117–130. https://doi.org/10.30862/jhm.v4i2.173
Riayuliatun, E., & Sutarni, S. (2021). Students’ Mathematical Critical Thinking Ability in Group Algebra Structure Course during the Covid-19 Pandemic. In International Conference on Mathematics and Learning Research Surakarta.
Sulistyorini, Y., & Napfiah, S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Kalkulus. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 279. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.1947
Tathahira, T. (2020). Promoting Students’ Critical Thinking Through Online Learning In Higher Education: Challenges and Strategies. Englisia: Journal of Language, Education, and Humanities, 8(1), 79. https://doi.org/10.22373/ej.v8i1.6636
Uribe-Enciso, O. L., Uribe-Enciso, D. S., & Vargas-Daza, M. D. P. (2017). Pensamiento crítico y su importancia en la educación: algunas reflexiones. Rastros Rostros, 19(34). https://doi.org/10.16925/ra.v19i34.2144
Wiliawanto, W., Bernard, M., Akbar, P., Ikin Sugandi, A., Siliwangi, I., Terusan Jendral Sudirman, J., tengah, C., Cimahi, K., & Barat, J. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Question Student Have Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMK. 3(1), 136–145.
Wiragunawan, I. G. N. (2022). Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Dalam Pengelolaan Pembelajaran Daring Pada Satuan Pendidikan. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), 82–89.
Yen, S. C., Lo, Y., Lee, A., & Enriquez, J. M. (2018). Learning online, offline, and in-between: comparing student academic outcomes and course satisfaction in face-to-face, online, and blended teaching modalities. Education and Information Technologies, 23(5), 2141–2153. https://doi.org/10.1007/s10639-018-9707-5