PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MOTION GRAPHIC PADA MATERI BANGUN DATAR
DOI:
https://doi.org/10.51517/nabla.v7i2.157Keywords:
bangun datar, media pembelajaran, motion graphicAbstract
Kurangnya media pembelajaran yang menarik pada materi bangun datar. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang menarik yang dapat membantu proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut maka dikembangkan media pembelajaran berupa video motion graphic pada materi bangun datar kelas IV. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran, mengetahui kelayakan media, dan mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran video motion graphic. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan mengacu pada model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Dissemination). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) menghasilkan media pembelajaran berupa video motion graphic materi bangun datar kelas IV SD yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran, (2) video motion graphic dikatakan layak berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi dan ahli media, hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan persentase hasil akhir yaitu 76% dengan kriteria sangat layak, sedangkan hasil validasi oleh ahli media mendapatkan persentase hasil akhir yaitu 74,58% dengan kriteria layak, dan (3) respon siswa mendapatkan hasil yang sangat baik dilihat dari persentase hasil akhir yaitu 99,75% dengan kriteria sangat layak. Media pembelajaran video motion graphic pada materi bangun datar kelas IV SDN 2 Pejagoan dapat di akses di https://youtu.be/WOHDsK-1qGU
Downloads
References
Sukmana, A.I.W.I.Y. 2018. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter di SD Negeri 2 Banjar Bali. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. 6(1): 101.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hakky, M.K., Wirasasmita, R.H., & Uska, M.Z. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Sistem Operasi. Jurnal Pendidikan Matematika. 2(1): 30.
Hayati, N. 2017. Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Jurnal Al-Hikmah. 14(2): 162
Istiqlal, M. 2017. Pengembangan Multimedia Ineraktif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 2(1): 44.
Khaira, H. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. 1(3): 40.
Novisya, D., & Festiyed. 2019. Meta Analisis Video Pembelajaran dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 5 (1); 50.
Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat. 3(1): 172-173.
Prastowo, A. 2015. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013 Untuk SD/MI. Yogyakarta: Prenadamedia Group.
Putri, Y. 2017. Pembuatan Motion Graphic sebagai Media Sosialisasi dan Promosi untuk Aplikasi Mobile Trading Online Mandiri Sekuritas. Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer. 1(1): 85.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research And Development/ R&D). Bandung: Alfabeta.
Wibowo, T. 2019. Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.