ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GARIS DAN SUDUT BERDASARKAN KRITERIA WATSON
DOI:
https://doi.org/10.51517/nabla.v7i2.156Keywords:
Analisis Kesalahan, Garis dan Sudut, Kriteria WatsonAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa berdasarkan kriteria Watson. Kemudian mencari faktor penyebab kesalahan dilihat dari hasil belajar siswa menyelesaikan soal garis dan sudut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan subjek menggunakan purposive sampling dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan jenis kesalahan yang dilakukan siswa meliputi kesalahan data tidak tepat, prosedur tidak tepat, data hilang, manipulasi tidak langsung, konflik level respon, hirarki keterampilan, kesimpulan hilang, dan selain ketujuh kriteria tersebut. Siswa dengan berkemampuan matematika tinggi mengalami sedikit kesalahan yaitu hanya beberapa jenis kesalahan Watson. Faktor penyebabnya adalah siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal. Siswa dengan kemampuan matematika sedang mengalami cukup banyak jenis kesalahan Watson. Faktor penyebabnya adalah siswa kurang menguasai materi, tidak mengetahui sifat sudut yang harus digunakan, kurang teliti, serta kesalahan akibat dari kesalahan sebelumnya. Sedangkan siswa dengan kemampuan matematika rendah mengalami banyak jenis kesalahan Watson. Faktor penyebabnya yaitu, siswa tidak memahami materi, salah dalam menafsirkan soal sehingga tidak menjawab keinginan soal, tidak mengetahui sifat sudut yang harus digunakan, lemahnya keterampilan berhitung, dan tidak mampu menghubungkan data yang diketahui dengan pertanyaan
Downloads
References
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Cahyani, A. & Aini, I. N. 2021. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol. 4, No. 2. 370-371.
Guswanto, E. 2018. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Identitas Trigonometri Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Kadikma. Vol. 9, No. 1.
Hanipah, A., & Sari, V.N.A. 2019. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada Siswa Kelas VIII MTs Di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal On Education. Vol. 01, No. 02. 15-22.
Palayukan, H. 2018. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku Berdasarkan Kriteria Watson Di Kelas X SMA Katolik Rantepao. Inspiramatika. Vol. 4, No. 1. 24.
Sanwidi, A. 2018. Analisisi Kesalahan Mahasiswa Matematika UNU Blitar dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Fungsi Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Riset dan Konseptual. Vol. 3, No. 1. 39.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukmana, E. I., & Arhasy, E. A. 2019. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kawali Tahun Ajaran 2018/2019. Prosding Seminar Nasional & Call For Papers. 176-186.
Sumarmo, U. 2012. Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Sukabeni Prees .
Widayati, S. A. 2014. Hasil Analisis Kemampuan Peserta Didik Kelas VII SMP 1 Walisongo Sooko Mojokerto dalam Menyelesaikan Soal Pokok Bahasan Garis dan Sudut. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. Vol. 2, No. 2. 159-170.