Kualitas Pelayanan Penerbitan Surat Pengakuan Hak Atas Tanah (SPHT) Berbasis Register dan Ukuran Koordinat pada Kantor Camat Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir
Keywords:
Kualitas; Pelayanan; Surat Pengakuan Hak Atas Tanah.Abstract
Abstrak : Pelayanan penerbitan Surat Pengakuan Hak Atas Tanah (SPHT) berbasis register dan tiitk koordinat di Kantor Camat Lempuing Jaya merupakan inovasi dalam pelayanan publik bidang pertanahan. Inovasi pelayanan ini dilatarbelakangi oleh sengketa lahan yang terjadi di wilayah Kecamatan Lempuing Jaya karena ditemukan surat tanah ganda dan tata kelola administrasi tanah yang belum baik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis, dan mendeskripsikan kualitas pelayanan penerbitan SPHT di Kantor Camat Lempuing Jaya dan (2) Untuk mengidentifikasi, menganalisis dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jumlah informan sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan observasi dan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahawa (1) kualitas pelayanan penerbitan SPHT di Kantor Camat Lempuing Jaya belum cukup baik terutama 4 dari 5 indikator yakni pada dimensi bukti fisik (tangible) belum secara online dan server masih sewa di instansi lain, dimensi keandalan (reliability) belum ada SOP yang jelas baik kejelasan biaya dan ketepatan waktu , dimensi daya tanggap ( responsiveness) masih ada keluhan masyarakat yang tidak segera direspon cepat, dimensi jaminan (assurance) tidak tepat waktu / lama dalam proses penerbitan SPHT; 2) Faktor yang mempengaruhi rendahnya kualitas pelayanan penerbitan SPHT di Kantor Camat Lempuing Jaya karena infrastruktur yang belum lengkap, operator yang belum professional dan terbatas.
Kata kunci : Kualitas; Pelayanan; Surat Pengakuan Hak Atas Tanah.