Pengintegrasian Numerasi Pada E-Modul Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Book Creator Di Universitas Pgri Palembang

Authors

  • Jayanti Jayanti Universitas PGRI Palembang
  • Nyimas Inda Kusumawati Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Liza Murniviyanty Universitas PGRI Palembang

Keywords:

Numerasi, PMRI, Book Creator

Abstract

Ketersediaan e-modul pembelajaran yang sesuai dengaan kebutuhan mahasiswa masih  terbatas,  bilapun ada  belum dimanfaatkan secara optimal. Sebab belum semua  dosen menggunakan  media  pembelajaran  sebagai  penunjang kelancaran belajar dan juga keterbatasan dalam penyediaan media pembelajaran. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman dosen tentang penggunaan atau pemanfaatan media pembelajaran.   Tujuan dilaksanakan kegiatan PKM ini, diantaranya  sebagai  berikut:  Untuk memanfaatkan pengintegrasian numerasi E-Modul Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Book Creator pada pembelajaran di sebagai media pembelajaran  matematika  bagi mahasiswa PGSD. Metode yang dilakukan untuk kegiatan PKM ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif, yakni suatu cara menyebarkan informasi  melalui  penyuluhan/sosialisasi.  Kemudian, untuk penggunaan media pembelajaran inovatif dilakukan dengan menggunakan metode pelatihan, yakni praktif  penggunaan  media  pembelajaran  inovatif,  diantaranya  E-Modul Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Book Creator. Rancangan evaluasi yang akan dilakukan  untuk  kegiatan  PKM  ini  adalah  dengan  melakukan  pemberian  angket kepada guru-guru pada pembelajaran E-Modul Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Book Creator.  Hasil  perolehan  data  tersebut selanjutnya dianalisis.

References

Alyusfitri, R, dkk. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Siswa Sekolah Dasar pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Matematika, 07(1), 302-312.

Anugraini, A. P., & Purnomo, D. (2022). Penggunaan Pendekatan Matematika Realistic Indonesia ( PMRI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 317324.

Aspriyani, R., & Suzana, A. (2020). Pengembangan e-modul interaktif materi persamaan lingkaran berbasis realistic mathematics education berbantuan geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1099-1111.

Benitha, A., & Novaliyosi, N. (2022). Pengembangan e-modul berbasis realistic mathematics education (rme) pada materi aljabar untuk siswa kelas VII SMP/MTS. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(2), 279-286.

Buchori, A., & Rahmawati, N. D. (2017). Pengembangan E-modul Geometri dengan Pendekatan Matematika Realistik di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar, 26(1), 23-39.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar). Yogyakarta: Gava Media.

Derudinansyah, S., & Suparman. (2021). Analisis Kebutuhan E-Modul Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Merangsang Literasi Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 1-8.

Erni, dkk. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis PMRI pada Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(1), 112-116.

Fitra, D. (2018). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Edukasi, 1(1), 1-7.

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media pembelajaran.

Jayanti. (2023). Numerasi Pembelajaran Matematika Sd Berbasis E-Learning. Palembang: Bening Media.

J Jayanti, Z Zulkardi, RII Putri, Y Hartono. (2023) INOMATIKA 5 (2), 181-199. Designing Numeracy Assisted E-Learning Using Palembang Tourism Context during the Covid-19 For Pre-Service Primary School Teachers.. Jurnal INOMATIKA Sinta 3. Link. https://inomatika.unmuhbabel.ac.id/index.php/inomatika/article/view/405. DOI: https://doi.org/10.35438/inomatika.v5i2.405

Jayanti dan Marhamah. Learning Number Based Theory on Edmodo Using the Context PMRI of the Palembang PGRI Building and Apam Cake . Link: https://www.atlantis-press.com/proceedings/sule-ic-20/125950316 Volume Title: Proceedings of the 4th Sriwijaya University Learning and Education International Conference (SULE-IC 2020). Publication Date: 2 January 2021, ISBN: 978-94-6239-313-4, ISSN: 2352-5398. DOI: 10.2991/assehr.k.201230.166

Jumroh dan Jayanti. Development of Edmodo e-module Assisted Statistics Teaching Materials For Public Senior High School Students. vol 513 Online 2 Januari 2021. ISBN: 978-94-6239-313-4, ISSN: 2352-5398. Proceedings Of The 4th Sriwijaya University Learning and Education International Conference (SULE-IC 2020) Penerbit Atlantis Press DOI: http://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.170. Corresponding Author : Jayanti. email: jayanti2hr@gmail.com

Jayanti, 2021. The numeration with lesson study assisted by E-learning Merdeka campus of COVID-19 contexts at primary school teachers Universitas PGRI Palembang . Proseding Scopus AIP Q3 publish 27 OCTOBER 2021. AIP Conference Proceedings 2438, 020004 (2021). https://doi.org/10.1063/5.0071589, Link: https://pubs.aip.org/aip/acp/article-abstract/2438/1/020004/692356/The- numeration-with-lesson-study-assisted-by-E?redirectedFrom=fulltext. DOI: https://doi.org/10.1063/5.0071589

Jayanti, 2021. The implementation numeration learning using Covid-19 context assisted e-learning primary school teacher. Publish 29 DECEMBER 2022, AIP Conference Proceedings 2468, 070048 (2022) https://doi.org/10.1063/5.0103602. link: https://pubs.aip.org/aip/acp/article-abstract/2468/1/070048/2825456/The-implementation-numeration-learning-using-Covid?redirectedFrom=fulltext. DOI: https://doi.org/10.1063/5.0103602

Jayanti. Designing PISA-Based Numeracy Problem on Shape and Space Using Palembang Tourism During Covid-19 Context. IP Conf. Proc. 3052, 020040 (2024) https://doi.org/10.1063/5.0201035. 22 April 2024. https://pubs.aip.org/aip/acp/article-abstract/3052/1/020040/3284435/Designing-PISA-based-numeracy-problem-on-shape-and?redirectedFrom=fulltext.Linggasari, E., & Rochaendi, E. (2022). Indonesian language learning in elementary schools through life skills education model. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 40-62.

Langgora, P., Friska, S. Y., Nanda, D. W., & Asmaryadi, A. I. (2023). Pengembangan E-Modul Ajar Materi Luas Berbantukan Aplikasi Book Creator KELAS 4 Sekolah Dasar Berorientasi Merdeka Belajar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 60986111.

Maharcika, A. A. M., Suarni, N. K., & Gunamantha, I. M. (2021). Pengembangan modul elektronik (E-Modul) berbasis flipbook maker untuk subtema pekerjaan di sekitarku kelas IV

SD/MI. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 165174.

Maharcika, A. A. M., Suarni, N. K., & Gunamantha, I. M. (2021). Pengembangan modul elektronik (E-Modul) berbasis flipbook maker untuk subtema pekerjaan di sekitarku kelas IV SD/MI. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 165174.

Malalina, M, Putri, R. I. I., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2020). Ethnomathematics of fish catching exploration in Musi River. Journal of Physics: Conference Series, 1663, 012007. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012007

Malalina, Malalina, Putri, R. I. I., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2020). Ethnomatematics: Treasure Search Activity in the Musi River. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 31–40. https://doi.org/10.25217/numerical.v4i1.870

Putri, R. I. I. (2012). Pendisainan Hypotetical Learning Trajectory (HLT) Cerita Malin Kundang pada Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Dengan Tema Kontribusi Pendidikan Matematika Dan Matematika Dalam Membangun Karakter Guru Dan SIswa, 1–9.

Putra, L. V., Suryani, E., & Setyaningsih, P. (2020). Serunya Belajar KUbus & Balok untuk SD/MI Kelas V. Semarang.

Sarwinda, K., Rohaeti, E., & Fatharani, M. (2020). The development of audio-visual media with contextual teaching learning approach to improve learning motivation and critical thinking skills. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 2(2), 98-114.

Sumandani, A. M., & Saraswati, S. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis PMRI pada Materi Garis dan Sudut. Jurnal Kependidikan, 16(2), 102-113.

Van den Heuvel-Panhuizen, M., & Drijvers, P. (2020). Realistic mathematics education. Encyclopedia of mathematics education, 713-717.

Viola, I. Z. (2022). Media Game Online Ular Tangga Perkalian Bilangan Asli Dengan Pendekatan RME Kelas III SD. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 177-186. Contoh :

Downloads

Published

2025-06-30