Pemanfaatan Alat Peraga dalam Pembelajaran Materi Perkembangan Teknologi Transportasi di Sekolah Dasar
Keywords:
Alat Peraga, Transportasi, Sekolah DasarAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa Sekolah Dasar terhadap materi Perkembangan Teknologi Transportasi melalui pemanfaatan alat peraga. Kegiatan dilaksanakan di SD Negeri 230 Palembang dan melibatkan guru serta siswa kelas III. Metode pelaksanaan meliputi enam tahap: koordinasi dan survei awal, pembuatan alat peraga dari bahan sederhana, pelatihan kepada guru, implementasi di kelas, evaluasi proses pembelajaran, dan tindak lanjut berupa serah terima alat peraga kepada sekolah. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga miniatur transportasi darat, laut, dan udara secara nyata mampu meningkatkan antusiasme dan pemahaman siswa terhadap materi. Guru juga merasakan manfaat dari media ini dalam menjelaskan konsep yang sebelumnya sulit dipahami. Selain menghasilkan produk pembelajaran yang dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan, kegiatan ini juga memperkuat peran mahasiswa dalam memberikan solusi aplikatif di bidang pendidikan. Secara keseluruhan, kegiatan pengabdian ini berkontribusi positif dalam menciptakan pembelajaran yang aktif, kontekstual, dan menyenangkan.
References
Ali, A. M. (2023). Analisis Penggunaan Media Konkret Dalam Pembelajaran Matematika Kelas 2 Materi Pengukuran Di SD Supriyadi 02 Kota Semarang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4140–4150. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1086
Aulia, N. (2021). Model Pembelajaran Inovatif: Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Teks Anekdot Melalui Dialog. https://doi.org/10.31219/osf.io/5pkrj
Aziz, H. A., & Al Irsyadi, F. Y. (2021). Game Edukasi Pengenalan Alat Transportasi untuk Anak Tunagrahita. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 21(1), 59–63. https://doi.org/10.23917/emitor.v21i1.12430
Fitri, N. Z. N., Ashri, A., & Frayoga, D. N. (2024). Merancang Media Pembelajaran yang Interaktif dan Menarik dengan Mengembangkan Perencanaan Pembelajaran. Karimah Tauhid, 3(5), 5976–5983. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13281
Juwairiah. (2013). Alat Peraga Dan Media Pembelajaran Kimia. Visipena Journal, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.46244/visipena.v4i1.85
Ritonga, A. A., Lubis, Y. W., Masitha, S., & Harahap, C. P. (2022). Program Sekolah Penggerak Sebagai Inovasi Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri 104267 Pegajahan. Jurnal Pendidikan, 31(2), 195–206. https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2637
Sulaeman, D., Yusuf, R. N., Damayanti, W. K., & Arifudin, O. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3035
Suriyanti, Y., & Thoharudin, M. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru IPS Terpadu. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 117. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3507
Syafarudin, N., Sholeh, K., Sukardi, S., Zamhari, A., Nindiati, D. S., Ardyansah, N., & Abizar, M. (2024). Menganalisis Nilai-Nilai Prasasti Kota Kapur Dalam Buku Teks Ips Sejarah Sebagai Sumber Pembelajaran Untuk Guru Dan Peserta Didik Di Sekolah SMA N 1 Jebus, Bangka Barat. SULUH ABDI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32502/sa.v6i1.7706
Yunaini, N., & Winingsih, D. Y. (2022). Implikasi Perkembangan Kognitif dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Cendekiawan, 4(2), 78–86. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i2.257
