Sosialisasi Bijak Penggunaan Media Sosial untuk Pemilih Pemula
Keywords:
Media sosial, black campaign, hoax, cyber crime, pemilih pemulaAbstract
Peran media sosial di era digital ini sangatlah banyak, saat ini media sosial juga digunakan untuk kampanye politik karena tersedianya tempat bagi kandidat dapat berinteraksi langsung dengan pemilih, memberikan informasi, dan memobilisasi dukungan. Pemilih pemula (yang berusia 17 tahun), sangat dipengaruhi oleh media sosial dalam menentukan pilihannya. Semakin meningkatnya penggunaan media sosial di kalangan pemilih pemula yang berarti bahwa informasi politik dan hal-hal lain sangat mudah diakses. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pemahaman mengenai pemanfaatan media sosial dengan bijak dan bahaya yang muncul dari media sosial. Kegiatan ini dilaksanakan dengan pemaparan langsung menggunakan PowerPoint tentang black campaign, hoax, cyber crime. Siswa menunjukkan semangat dan respons positif terhadap materi yang diberikan. Dengan kegiatan ini, guru dan siswa terkhususnya dapat meningkatkan kesadaran dan informasi tentang materi tersebut sehingga mereka dapat terhindar dari dampak negatifnya dan memilih dengan lebih objektif.
References
APJII, (2024). https://inet.detik.com/cyberlife/d-7169749/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang
Dwitama, M. I., Hakiki, F. A., Sulastri, E., Usni, U., & Gunanto, D. (2022). Media Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Partisipasi Politik Masyarakat Di Pilkada 2020 Tangerang Selatan. INDEPENDEN: Jurnal Politik Indonesia Dan Global, 3(1), 53. https://doi.org/10.24853/independen.3.1.53-66.
Hapsari, R. D., & Pambayun, K. G. (2023). Ancaman Cybercrime di Indonesia Sebuah Tijauan Pustaka Sistematis. Jurnal Konstituen, 5(1), 1-17. http://doi.org/10.33701/jk.v5il.3208
Harianja, N., Patriansyah, W., Juniasih, T. E., Syahputra Marpaung, I., Harahap, E. H. (2023). Edukasi Pentingnya Partisipasi Pemilih Pemula dalam pemilihan Umum mendatang di SMK Negeri 2 Kota Padang Sidimpuan. Community Service of Tambusai: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 2807 – 1409.
Kominfo. (2015). Indonesia Peringkat ke-2 Dunia Kasus Kejahatan Siber. https://www.kominfo.go.id/berita/sorotan-media/detail/indonesia-peringkat-ke-2-dunia-kasus-kejahatan-siber
Nayiroh, L., & Ema, E. (2024). Komunikasi Media Sosial Sebagai Alat Mobilisasi Gerakan Sosial Di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Sosial Dan Informasi, 9(1), 221–238. http://jurnalilmukomunikasi.uho.ac.id/index.php/journal/indexDOI:http://dx.doi.org/10.52423/jikuho.v9i1.159
Pusiknas Polri. (2022). Kejahatan Siber di Indonesia Naik Berkali-kali Lipat. https://pusiknas.polri.go.id/detail_artikel/kejahatan_siber_di_indonesia_naik_berkali-kali_lipat
Razaqa, M. K., Prawira, F. R., & Santoso, G. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Orientasi Politik Pemilih Pemula Siswa Pada Pemilu. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 01(02), 132-141. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/384
Sudiksa, I . M., Sunarta, N. I., Permana, G. P. L., Sutrisni, K. E., & Utomo, K. C. (2024). Edukasi Penggunaan Media Sosial Bagi Pemilih Pemula Sebagai Sarana Kampanye Pemili Serentak 2024 di Desa Sumerta Kelod. Jurnal SEWAGATI, 3(1), 36-42. DOI: http://dx.doi.org/10.59819/sewagati.v3i1.3792
Sitompul, D. P., Sitorus, Y., Sibuea, E. G. B., & Elsi, S. D. (2024) Peran Media Sosial Dalam Mempengaruhi Perilaku Pemilih Pemula. Jurnal of Law, Administration, and Social Science, 4(5), 767-775. DOI: https://doi.org/10.54957/jolas.v4i5.888
