HUBUNGAN ANTARA PROSES PE MBELAJARAN DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KALKULUS I

  • Tetty Natalia Sipayung Universitas Katolik Santo Thomas Medan
Keywords: proses pembelajaran, kebiasaan, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antara proses pembelajaran dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Kalkulus I pada program studi pendidikan matematika di Unika Santo Thomas Sumatera Utara. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dengan studi korelasi. Variabel yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah 2 variabel bebas yaitu proses pembelajaran (X1) dan kebiasaaan belajar (X2). Selain itu ada juga melibatkan variabel terikat yaitu hasil belajar mahasiswa (Y). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi ganda dan korelasi. Berdasarkan analisis regresi berganda dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi adalah linear dan signifikan. Berdasarkan uji keberartian koefisien korelasi dengan uji F maka dapat dinyatakan bahwa korelasi yang terjadi antara Y dengan X1 dan X2, secara bersama-sama adalah berarti. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak. Dengan kata lain hipotesis penelitian yang diajukan yaitu terdapat hubungan yang positif antara proses pembelajaran dan kebiasaan belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar teruji kebenarannya.

References

Arikunto, S. 1999. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Covey, S.R. 1994. Tujuh Kebiasaan Manusia yang Efektif, (penterjemah: Budijanto). Jakarta : Binarupa Aksara.
DeProter, B., dan Hernacki, M. 2002. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.
Dimyati, dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Estellita, D. D. 2011. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Dasar Seni dan Desain Mahasiswa Jurusan PKK FT Unimed. Tesis tidak diterbitkan. Medan: Pasca Sarjana.
Nasution, S. 1999. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Nuriah. 2010. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Gaya Berpikir Teradap Kemampuan Menulis Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Medan Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Tesis tidak diterbutkan. Medan: Pascasarjana Unimed.
N. W. Galih Ariewaseso. 2013. Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri I Pataianrowo Nganjuk. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK). 1(1): 1-18.
Rahayu, Mardiayatun Mugi. 2015. Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar. Journal of Elementary Education. 4(1): 39-45.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Surakhmad, Winarno. 1994. Pengantar Interaksi Belajar-Mengajar. Bandung: Tarsito.
Published
2018-08-29
How to Cite
Sipayung, T. (2018). HUBUNGAN ANTARA PROSES PE MBELAJARAN DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KALKULUS I. Nabla Dewantara, 3(1), 29 - 41. Retrieved from http://ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/52