KESIAPAN GURU : PENGGUNAAN KONTEKS DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Haris Kurniawan Universitas Tamansiswa Palembang
  • Eva Susanti Universitas Tamansiswa Palembang
Keywords: Kesiapan Guru, Penggunaan Konteks, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana peranan konteks didalam metode atau pendekatan pembelajaran Matematika, sehingga memudahkan siswa didalam memahami pembelajaran Matematika. Adapun aspek yang dilihat dalam penelitian ini adalah seberapa jauh guru memanfaatkan konteks didalam pembelajarannya serta bagaimana cara guru menggunakan konteks dan konteks seperti apa yang mereka gunakan, Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak 11 orang guru yang di pilih secara purposive sampling. Data di peroleh melalui wawancara dan angket pada guru kelas baik sekolah negeri dan sekolah swasta khususnya pada provinsi sumatera selatan. Temuan dalam penelitian ini antara lain (1) tidak semua guru memanfaatkan konteks didalam pembelajaran matematika bukan karena mereka tidak mau, tetapi karena kurangnya pengetahuan tentang bagaimana memanfaatkan konteks. (2) pemilihan metode atau pendekatan belajar yang tepat serta pemilihan konteks yang sesuai dengan konsep pembelajaran sangat mempengaruhi tujuan akhir dari penggunaan konteks.

References

Balitbang Kemdikbud. (2019). Pendidikan di Indonesia Belajar Dari Hasil PISA 2018 (Pusat Penilaian Pendidikan (ed.); Issue Desember). Balitbang Kemdikbud.
Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning. Conducting and Evaluating Qualitative and Quantitative Research (4th Edition) (4th ed.). Pearson.
Darmayasa, J. B. (2018). Landasan, Tantangan, dan Inovasi Berupa Konteks Ethnomathematics dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 9. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.709
Deda, Y. N., & Maifa, T. (2021). Development of Student Worksheets Using the Context of Local Wisdom on Integers and Fractions. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 71–82. https://doi.org/10.22342/jpm.15.1.12824.71-82
Fatima, R. (2012). Role of Mathematics in the Development of Society. National Meet on Celebration of National Year of Mathematics, 1–14.
Hadi, S. (2016). Pendidikan Matematika Realistik : Teori Pengembangan dan Implementasinya (Edisi Revi). RajaGrafindo Persada.
Hasanah, N. (2016). Upaya Guru Dalam Mengatasi Siswa Berkesulitan Belajar Matematika Di Kelas Iv Sdit Ukhuwah Banjarmasin. Jurnal PTK & Pendidikan, 2(2), 27–34. file:///C:/Users/HP-PC/Downloads/1028-2767-1-SM.pdf
Hodaňová, J., & Nocar, D. (2016). Mathematics Importance in Our Life. INTED2016 Proceedings, 1(March), 3086–3092. https://doi.org/10.21125/inted.2016.0172
Indra Putri, R. I. (2015). Pengaruh Interaksi Pendekatan Pembelajaran Dan Bentuk Tes Formatif Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 22(1), 69–75.
Jayanthi, R. (2019). Mathematics in society development - A Study. Iconic Research and Engineering Journals, 3(3), 59–64.
Kumar, S. (2017). Use of mathematics by adults in daily life. International Journal Peer Reviewed Journal Refereed Journal Indexed Journal, 3(9), 83.
Kurniawan, H., & Susanti, E. (2020). Development of M-Learning Media With Indonesian Realistic Mathematics Education’s Approach. Proceedings of the SEMANTIK Conference of Mathematics Education (SEMANTIK 2019), 467(Semantik 2019), 142–145. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.133
Maryati, & Prahmana, R. C. I. (2019). Ethnomathematics: Exploration of the muntuk community. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(6), 47–49.
Miles, N. M., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. In sage Publications (Seconds). Sage Publications.
Mohd Rusdin, N., Rahaimah Ali, S., & Masran, M. N. (2019). Primary School Pupils’ Perception On Mathematics In Context Of 21St Century Learning Activities And Skills. November. https://doi.org/10.2991/upiupsi-18.2019.26
Mosvold, R. (2006). Mathematics in everyday life A study of beliefs and actions. http://scholar.google.no/scholar?as_q=&as_epq=&as_oq=&as_eq=&as_occt=any&as_sauthors=R+Mosvold&as_publication=&as_ylo=&as_yhi=&btnG=&hl=no&as_sdt=0%2C5#5
Mufarizuddin. (2018). ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 012 BANGKINANG KOTA. Journal On Education, 1(1), 40–47.
OECD. (2018). What 15-year-old students in Indonesia know and can do. Programme for International Student Assessment (PISA) Result from PISA 2018, 1–10. http://www.oecd.org/pisa/ Data
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. In OECD Publishing: Vol. III. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf
Prahmana, R. C. I. (2020). Bahasa Matematis Masyarakat Yogyakarta: Suatu Kajian Etnografi. Jurnal Elemen, 6(2), 277–301. https://doi.org/10.29408/jel.v6i2.2101
Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2018). Etnomatematika: Eksplorasi dalam Permainan Tradisional Jawa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 1. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.562
Setyawan, D., & Sunianti. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Circuit Learning Dengan Media Microsoft Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. JPIn (Jurnal Pendidik Indonesia), 01(2), 42–46.
Siswono, T. Y. E. (2014). Permasalahan Pembelajaran Matematika dan Upaya Mengatasinya (pp. 1–9). Workshop Program Studi S2 Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Suherman. (2015). Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pola Bilangan dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 81–90.
Suryana, A. (2007). Tahap-Tahapan Penelitian Kualitatif. In Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (pp. 5–10).
Susanti, E. (2016). Pengembangan Soal Matematika Tipe Timss Menggunakan Konteks Rumah Adat Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1–22. https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3631.53-74
Yadaf, S. (2019). Role of Mathematics in the Rise of Science. International Journal of Research and Analytical Reviews (IJRAR), 6(4). https://doi.org/10.1515/9781400852826
Zan, R. (2008). Different Profiles of ‘Negative Attitude toward Mathematics.’ Proceedings of ICME-11-Topic Study Group 10: Rsearch and Develpment in the Teaching and Learning of Number Systems and Arithmetic, 13, 156–169.
Zulkardi, & Putri, R. I. I. (2010). Pengembangan blog support untuk membantu siswa dan guru matematika Indonesia belajar pendidikan matematika realistic Indonesia (PMRI). Jurnal Inovasi Perekayasa Pendidikan (JIPP), 2(1), 1–24.
Zulkardi, Z. (2002). Developing a learning environment on realistic mathematics education for indonesian student teachers (Issue 12). Universiteit Twente.
Published
2021-12-10
How to Cite
Kurniawan, H., & Susanti, E. (2021). KESIAPAN GURU : PENGGUNAAN KONTEKS DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Nabla Dewantara, 6(2), 116 -. https://doi.org/https://doi.org/10.51517/nd.v6i2.349