http://ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/abdikarsa/issue/feed ABDI KARSA: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2025-06-30T21:03:42+07:00 Malalina malalina@unitaspalembang.ac.id Open Journal Systems <table style="height: 239px;" width="527"> <tbody> <tr> <td width="147"> <p>Judul Jurnal</p> </td> <td width="490"> <p><strong>ABDI KARSA: Jurnal Pengabdian Masyarakat</strong></p> </td> </tr> <tr> <td width="147"> <p>Frekuensi</p> </td> <td width="490"> <p><strong>6 bulanan</strong></p> </td> </tr> <tr> <td width="147"> <p>DOI</p> </td> <td width="490"> <p><strong>https://doi.org/10.51517/nd.v6i2</strong></p> </td> </tr> <tr> <td width="147"> <p>e-ISSN</p> </td> <td width="490"> <p>3089-3399</p> </td> </tr> <tr> <td width="147"> <p>Penerbit</p> </td> <td width="490"> <p><strong>FKIP Universitas Tamansiswa Palembang</strong></p> </td> </tr> <tr> <td width="147"> <p>Index</p> </td> <td width="490"> <p><strong>Google Scholar </strong> </p> </td> </tr> </tbody> </table> <p><strong>ABDI KARSA</strong>: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat adalah publikasi ilmiah yang berfokus pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini bertujuan untuk mendokumentasikan dan menyebarluaskan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diterbitkan dua kali dalam setahun.</p> http://ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/abdikarsa/article/view/532 TEKA-TEKI KOREK API UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS SISWA 2025-05-23T13:59:23+07:00 Eline Yanty Putri Nasution elineyantyputrinasution@iainkerinci.ac.id Putri Yulia putriyuliamz@gmail.com Ria Deswita ria_deswita@ymail.com <p><em>Introducing the use of matchstick puzzles in developing students' mathematical logical thinking abilities can be supported by active learning theory and 21st-century skill development. Based on recent research, active learning involving problem-solving tasks, exploration of ideas, and effective collaboration has been proven to increase student engagement in mathematics learning. This community service activity took place on July 7, 2024, for 2 hours, with the participation of 25 elementary school children who live in Kayu Aro Ambai Village, Tanah Cogok District, Kerinci Regency. This activity consists of several stages: introduction, exploration, application, and closing. The children participated in the activity with enthusiasm and joy, and were given matches as props to solve the puzzles presented to develop students' mathematical logical thinking abilities. The results of this activity are: (1) students show an increased ability to think logically, which can be seen from their speed and accuracy in completing puzzles; (2) students are more motivated to learn mathematics because this activity is packaged in a fun way; and (3) participants provide positive feedback regarding the interactive learning methods implemente</em><em>d</em><em>.</em></p> 2025-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 ABDI KARSA: Jurnal Pengabdian Masyarakat http://ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/abdikarsa/article/view/544 PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG 2025-06-26T11:51:14+07:00 Malalina Malalina malalina@unitaspalembang.ac.id Rika Firma Yenni rika_firma@unitaspalembang.ac.id Maulana Maulana maulana_57@ymail.com <p><em>Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran matematika, khususnya pada materi bangun ruang. Permasalahan utama yang dihadapi adalah sulitnya guru menyampaikan konsep abstrak bangun ruang kepada siswa. Kegiatan dilakukan di MI Fajar Siddiq Palembang dalam bentuk tutorial, diskusi, serta pelatihan intensif penggunaan media manipulatif dan visual. Tahapan kegiatan meliputi perencanaan, koordinasi administratif, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa guru merasa terbantu dalam menjelaskan materi bangun ruang menggunakan media, serta siswa menjadi lebih tertarik dan aktif dalam pembelajaran. Evaluasi dilakukan melalui wawancara dan umpan balik tertulis, yang menunjukkan bahwa media sangat membantu pemahaman konsep secara konkret. Kegiatan ini diharapkan menjadi model praktik baik bagi sekolah lainnya dalam meningkatkan mutu pembelajaran matematika melalui pemanfaatan media yang interaktif dan inovatif.</em></p> 2025-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 ABDI KARSA: Jurnal Pengabdian Masyarakat http://ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/abdikarsa/article/view/546 Sosialisasi Literasi Keuangan Pada Siswa-Siswi Akuntansi SMK Teknologi Bistek Palembang 2025-06-26T12:19:13+07:00 Maynastri Maynastri ariesveronica78@gmail.com Yulia Susanti ariesveronica78@gmail.com Rosalina ariesveronica78@gmail.com Aprilia AinunIkhdi ariesveronica78@gmail.com Aries Veronica ariesveronica78@gmail.com <p><em>Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan Untuk MemberikanPemahaman mengenai seberapa penting pengetahun literasi keuangan untuk membantu individu dalam mengelola keuangan dengan baik yang dapat memberikan dampak positif dimasa mendatang. Metode yang digunakan yaitu penyampaian materi secara langsung mengenai literasi keuangan,pentingnya menabung dan perencanaan keuangan pribadi.Hasil dari sosialisasi yang dilakukan menunjukkan bahwa siswa –siswi akuntansi SMK Teknologi Bistek Palembang yang awalnya belum memahami mengenai literasi keuangan kemudian setelah mengikuti kegiatan ini siswa – siswi tersebut mulai mengetahui literasi keuangan terlihat dari jawaban dalam menjawab kuis yang diberikan</em><em>.</em></p> 2025-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 ABDI KARSA: Jurnal Pengabdian Masyarakat http://ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/abdikarsa/article/view/556 Pemanfaatan Alat Peraga dalam Pembelajaran Materi Perkembangan Teknologi Transportasi di Sekolah Dasar 2025-06-30T19:53:57+07:00 Delima Afiani nursyafarudin@univpgri-palembang.ac.id Nur Syafarudin nursyafarudin@univpgri-palembang.ac.id Ermini Ermini nursyafarudin@univpgri-palembang.ac.id David Budi Irawan nursyafarudin@univpgri-palembang.ac.id Akbariansyah Akbariansyah nursyafarudin@univpgri-palembang.ac.id <p><em>Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa Sekolah Dasar terhadap materi Perkembangan Teknologi Transportasi melalui pemanfaatan alat peraga. Kegiatan dilaksanakan di SD Negeri 230 Palembang dan melibatkan guru serta siswa kelas III. Metode pelaksanaan meliputi enam tahap: koordinasi dan survei awal, pembuatan alat peraga dari bahan sederhana, pelatihan kepada guru, implementasi di kelas, evaluasi proses pembelajaran, dan tindak lanjut berupa serah terima alat peraga kepada sekolah. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga miniatur transportasi darat, laut, dan udara secara nyata mampu meningkatkan antusiasme dan pemahaman siswa terhadap materi. Guru juga merasakan manfaat dari media ini dalam menjelaskan konsep yang sebelumnya sulit dipahami. Selain menghasilkan produk pembelajaran yang dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan, kegiatan ini juga memperkuat peran mahasiswa dalam memberikan solusi aplikatif di bidang pendidikan. Secara keseluruhan, kegiatan pengabdian ini berkontribusi positif dalam menciptakan pembelajaran yang aktif, kontekstual, dan menyenangkan.</em></p> 2025-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 ABDI KARSA: Jurnal Pengabdian Masyarakat http://ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/abdikarsa/article/view/557 Pengintegrasian Numerasi Pada E-Modul Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Book Creator Di Universitas Pgri Palembang 2025-06-30T21:01:20+07:00 Jayanti Jayanti jayanti2hr@gmail.com Nyimas Inda Kusumawati jayanti2hr@gmail.com <p><em>Ketersediaan e-modul pembelajaran yang sesuai dengaan kebutuhan mahasiswa masih&nbsp; terbatas,&nbsp; bilapun ada&nbsp; belum dimanfaatkan secara optimal. Sebab belum semua&nbsp; dosen menggunakan&nbsp; media&nbsp; pembelajaran&nbsp; sebagai&nbsp; penunjang kelancaran belajar dan juga keterbatasan dalam penyediaan media pembelajaran. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman dosen tentang penggunaan atau pemanfaatan media pembelajaran.&nbsp;&nbsp; Tujuan dilaksanakan kegiatan PKM ini, diantaranya&nbsp; sebagai&nbsp; berikut:&nbsp; Untuk memanfaatkan pengintegrasian numerasi E-Modul Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Book Creator pada pembelajaran di sebagai media pembelajaran&nbsp; matematika &nbsp;bagi mahasiswa PGSD. Metode yang dilakukan untuk kegiatan PKM ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif, yakni suatu cara menyebarkan informasi&nbsp; melalui&nbsp; penyuluhan/sosialisasi.&nbsp; Kemudian, untuk penggunaan media pembelajaran inovatif dilakukan dengan menggunakan metode pelatihan, yakni praktif&nbsp; penggunaan&nbsp; media&nbsp; pembelajaran&nbsp; inovatif,&nbsp; diantaranya&nbsp; E-Modul Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Book Creator. Rancangan evaluasi yang akan dilakukan&nbsp; untuk&nbsp; kegiatan&nbsp; PKM&nbsp; ini&nbsp; adalah&nbsp; dengan&nbsp; melakukan&nbsp; pemberian&nbsp; angket kepada guru-guru pada pembelajaran E-Modul Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Book Creator.&nbsp; Hasil&nbsp; perolehan&nbsp; data&nbsp; tersebut selanjutnya dianalisis.</em></p> 2025-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 ABDI KARSA: Jurnal Pengabdian Masyarakat